Rinso Matic, Deterjen Khusus Untuk Mesin Cuci Bukaan Depan



rinsomatic-deterjen-khusus-mesin-cuci-bukaan-atas
Manfaat dan Kelebihan Rinso Matic

Rinso Matic, Deterjen Khusus Untuk Mesin Cuci  Bukaan Depan. Halo Bunda, apa kabar? sedang sibuk apa nih? kalau saya baru saja selesai laundry, kebetulan hari ini jadwal saya laundry, hehehe. So sibuk ya, wkwkwk. Saya mau tanya dong, kalau Bunda cuci baju atau Laundry di rumah menggunakan deterjen jenis apa sih? deterjen biasa atau deterjen khusus? Terus mencuci menggunakan handwash atau mesin cuci?
To be Honest, sekarang sih saya mencuci menggunakan handwash karena mesin cuci saya rusak dan sedang diperbaiki. Sedih ya? hiks. Tapi bagaimanapun cara mencuci baju, deterjen yang saya gunakan tetap satu, yaitu RINSO.
Kenapa sih Rinso? karena Rinso adalah deterjen yang mengandung desinfektan. Saya merasa lebih aman aja mencuci menggunakan Rinso apalagi di masa pandemi seperti sekarang. Saya biasa memakai Rinso Anti Noda Classic Fresh yang deterjen bubuk. Saya suka aja wanginya. Classic banget, khas Rinso deh. Terus kalau saya rendam kelamaan karena lupa keasyikan nonton drakor (eh) rendaman cucian saya gak mau bahkan jika saya tinggal semalaman. Lho kok bisa semalaman sih buuu? kenapa gak langsung dicuci?
You know lah para emak sibuknya kaya gimana, kadang udah direndam eh kelupaan karena keburu ngerjain ini dan itu terus ketiduran dan baru dicuci besok paginya. Dan hasilnya? ajaib dong gak bau apek!! ini lah alasan lain kenapa saya tetap setia menggunakan Rinso.
Tapi kalau bicara soal mencuci dengan mesin cuci, awalnya saya menggunakan Rinso detergen biasa, tapi sebelum si mesin cuci rusak saya menggunakan Rinso Matic Plus Molto. Kali ini saya mau cerita ah tentang produk Rinso yang satu ini. Simak yuk

Deterjen Khusus Untuk Mesin Cuci Bukaan Depan


Mesin cuci ibarat asisten pribadi bagi kita para Bunda ya, tugas laundry kita tertolong banget dengan adanya teknologi ini. Mencuci jadi lebih mudah, cepat dan gak bikin capek. Plus, jika mencuci selimut , bed cover sampai keset menggunakan mesin cuci hasilnya bersih banget. Gak perlu sikat - sikat pakai tenaga. Sungguh meringankan pekerjaan kita ya?
Sebetulnya, mesin cuci yang saya gunakan type mesin cuci bukaan atas. Sudah lama saya menggunakan mesin cuci jenis ini dan sudah lama juga yang menggunakan Rinso Matic sebagai sahabat mencuci saya dengan mesin cuci kesayangan. Tapi pengen juga sih upgrade mesin cuci dengan type bukaan depan. Semoga ada rezekinya ya. Aamiin.
Nah, untuk Bunda yang memiliki mesin cuci tipe bukaan depan, saya ada tips khusus menggunakan deterjen untuk jenis mesin cuci yang satu ini. Bunda tau tidak mengapa mencuci dengan mesin cuci harus menggunakan detergen khusus?

Kesalahan Menggunakan Deterjen Untuk Mesin Cuci


Sebagaimana kita tahu mesin cuci memiliki dua jenis, yaitu mesin cuci top loading ( bukaan atas ) dan mesin cuci front loading ( bukaan depan ). Pemilihan jenis mesin cuci tentu disesuaikan dengan budget dan minat Bunda ya. Kalau saya memiliki mesin cuci bukaan karena harga lebih ekonomis tetapi kinerja mesin bagus. Apapun jenis mesin cucinya, deterjen yang digunakan tetaplah deterjen khusus untuk mesin cuci. Mengapa?
Sebelum menjawab pertanyaan diatas, Jujur deh Bunda pasti mengira kalau semua deterjen bisa digunakan untuk semua jenis mesin cuci? iya kan? saya juga sempat berpikir begitu lho. Tapi ternyata pemikiran ini salah.
Memilih detergen yang salah untuk mesin cuci malah membuat kita double job dan cucian gak bersih dan warna pakaian jadi pudar. Bukan hanya itu, pemilihan deterjen yang salah malah membuat serat pakaian jadi tipis. Ini pengalaman saya lho Bun, beneran! pakaian saya setelah dicuci menggunakan deterjen biasa yang bukan deterjen khusus untuk mesin cuci tuh warnanya jadi pudar, belel dan seratnya jadi tipis gitu.

Rinso Matic - #BukanSalahMesinCuci


Lantas deterjen jenis apa sih yang tepat untuk mesin cuci kesayangan?

Memilih jenis Detergen khusus Mesin Cuci


Terdapat dua jenis deterjen yang digunakan untuk mencuci baik secara manual atau hand wash maupun dengan menggunakan mesin cuci, yaitu deterjen bubuk dan deterjen cair. Kedua jenis deterjen ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Baik deterjen bubuk maupun cair, penggunaanya tergantung pada noda di pakaian yang akan dibersihkan. Lantas jenis deterjen yang mana yang tepat untuk mesin cuci bukaan? Apa saja kelebihannya?

Deterjen Bubuk untuk mesin cuci

Kelebihan

Umumnya, deterjen bubuk digunakan untuk jenis noda seperti lumpur, tanah, noda kunyit, darah dan lain sebagainya. Deterjen bubuk mengandung Alkylbenzene sulfonate yang merupakan bahan utama dalam deterjen bubuk yang sangat efektif mengangkat noda di atas.
Deterjen bubuk memiliki harga jauh lebih murah jika dibandingkan dengan deterjen cair. Hal ini dikarenakan deterjen bubuk memiliki kemasan yang lebih ringan yang berimbas pada rendahnya biaya pengemasan dan transportasi. Sehingga harga beli konsumen rendah.

Kekurangan

Kemasan deterjen bubuk tidak praktis dan saat mengeluarkan terdapat resiko berantakan. Terlebih jika kita menggunting bagian pinggir atau membuka atasnya terlalu lebar, akibatnya bubuk deterjen bisa tumpah ke tangan atau ke lantai. Repot kan?
Deterjen bubuk juga memiliki tekstur butiran yang tidak mudah larut sehingga akan meninggalkan residu dalam pakaian. Saya pernah nih mengalami seperti ini akibat kurang bersih saat membilas. Akibatnya setelah pakaian kering residunya menempel di pakaian dan terpaksa harus saya gibaskan sebelum saya lipat dan setrika. Bikin repot lagi kan? hiks.
Butiran bubuk deterjen juga dapat menghambat pembuangan air pada mesin cuci dan juga dapat menghalangi pompa pembuangan mesin cuci. Selain itu juga pasta deterjen bubuk atau busa yang terlalu banyak terkadang tertinggal di dinding mesin cuci dan mesin putar. Jika tidak dibersihkan akibatnya akan mempercepat kerusakan mesin pada mesin cuci.

Deterjen Cair untuk mesin cuci

Kelebihan

Deterjen cair memiliki texture liquid atau cair, hal ini tentu memudahkan dalam pelarutan dengan air. Deterjen cair sangat cocok membersihkan noda membandel seperti noda lemak. Hal ini dikarenakan deterjen cair mengandung alkohol etoksilat yang mampu dengan mudah memecah noda lemak.
Soal residu? Bunda tidak perlu khawatir. Berbeda dengan deterjen bubuk yang meninggalkan residu, maka deterjen cair tidak . Tentu lebih aman dan praktis kan?
Kelebihan lain dari deterjen cair adalah mudah meresap lebih cepat ke dalam serat pakaian, sehingga noda yang menempel menjadi lebih mudah dibersihkan.
Jika residu deterjen bubuk dapat merusak mesin pada mesin cuci, maka tidak demikian halnya dengan deterjen cair. Karena texturenya larut dalam air sehingga tidak akan meninggalkan residu baik dipakaikan, selang maupun dinding tabung sehingga mesin cuci tidak akan mudah rusak .

Kekurangan


Kemasan detergen cair yang terbuat dari botol atau kemasan berbahan plastik yang lebih berat, sehingga biaya produksi kemasan dan transportasi juga menjadi mahal.
Karena deterjen cair ini lebih ampuh dalam menghilangkan noda lemak, maka untuk pakaian yang terkena noda lumpur, tanah, tinta dan darah maka harus dicuci terlebih dahulu menggunakan deterjen bubuk. Memang jadi kurang praktis ya, tapi kekurangan deterjen cair ini tetap yang terbaik digunakan untuk mesin cuci karena tidak merusak mesin.

Yuk Kenalan Dengan Rinso Matic Bukaan Depan Deterjen Cair

Melihat kekurangan dan kelebihan dari masing-masing jenis detergen, maka deterjen cair adalah deterjen yang paling tepat digunakan untuk mencuci dengan menggunakan mesin cuci. Karena tidak meninggalkan residu, mudah larut dalam air dan maximal dalam membersihkan noda ringan hingga noda lemak. Terkecuali noda membandel seperti lumpur, tanah, darah, kunyit dan sejenisnya, maka sebelum dicuci dengan menggunakan mesin cuci maka cuci terlebih dahulu menggunakan deterjen bubuk secara manual atau dikucek.
Ada berbagai macam merk deterjen cair yang ada dipasaran. Bagaimana memilih deterjen cair yang tepat dan khusus untuk mesin cuci bukaan depan milik Bunda? Bagaimana memilih deterjen cair yang wangi sekaligus ampuh membersihkan noda yang hanya bisa dibersihkan dengan deterjen bubuk? emang ada ya? Tentu ada dong!
Bunda, kenalan yuk dengan Rinso Matic Plus Molto,. Saya sih udah kenal karena selalu memakai ini walau mesin cuci saya tipe bukaan atas, hehehe. Bandel ya, wkwkwk
Sebetulnya, Rinso Matic adalah deterjen cair rendah busa yang diformulasikan khusus untuk mesin cuci bukaan atas. Rinso Matic memiliki kekuatan 3x lebih efektif angkat noda. Ekstra wangi, ekstra bersih!​.
Udah mirip iklan ya, wkwkwk. Tapi bukan tagline iklan itu lho yang bikin saya kesemsem sama Rinso Matic, melainkan manfaat dan kelebihan dari Rinso Matic. Apa aja sih? yuk simak dibawah ini :

  1. 3x lebih efektif menghilangkan noda membandel
  2. Mampu menghilangkan bau tak sedap pada pakaian
  3. Kini dengan keharuman molto, nikmati aroma Pink Rose, Jasmine, dan Peach yang bertahan hingga 21 hari
  4. Cairan masuk ke serat kain terdalam, tidak meninggalkan residu di baju dan mesin cuci
  5. Tidak mengandung banyak busa, sehingga menjaga mesin cuci tetap awet​
  6. Formula High Efficiency membuat pencucian lebih hemat air & listrik
  7. Merawat warna pakaian tetap cemerlang



Manfaat dan kelebihannya luar biasa ya? saya tahu sebagian Bunda pasti agak ragu gimana gitu dengan kemampuan Rinso Matic dalam menghilangkan noda lemak. Menurut penuturan Eng Beng. Product Development Manager Rinso,

"Biasanya noda makanan, oli, atau minyak, sulit hilang saat dicuci dengan mesin cuci. Berdasarkan uji lab untuk mengukur kebersihan noda, penggunaan setengah takaran Rinso Matic sama bersihnya dengan dua kali takaran deterjen untuk cuci tangan," jelas

untuk lebih jelas, simak video berikut ini deh.


Alasan No.1 Untuk #ByeByeKucek : Rinso Matic 3x Lebih Efektif

Nah sekarang udah gak ragu lagi kan? pastinya. Selamat laundry day ya Bunda. Jangan lupa, Laundry day nya bareng Rinso Matic Bukaan Depan Deterjen Cair yaa, happy washing!!

Rinso Matic, Deterjen Khusus Untuk Mesin Cuci Bukaan Depan Rinso Matic, Deterjen Khusus Untuk Mesin Cuci  Bukaan Depan Reviewed by neng ipit on 4/05/2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.