7 Asisten Virtual Yang Sedang Trend Saat Ini

asisten virtual yang sedang trend
Ilustrasi Asisten Virtual oleh Artjoka


7 Asisten Virtual Yang Sedang Trend Saat Ini apa saja sih? sebelum saya bahas lebih lanjut, kita bahas dulu yuk apa itu asisten virtual.
Asisten virtual merupakan sebuah inovasi teknologi digital berbasis chatbot serupa robot percakapan yang dibuat berdasarkan kecerdasan buatan. Kecerdasan buatan itu sendiri adalah simulasi dari kecerdasan yang dimiliki oleh manusia yang diadopsi dan di program oleh mesin agar bisa berpikir dan berbicara layaknya manusia.
Secara sederhana, kecerdasan buatan merupakan sistem komputer yang mampu melakukan pekerjaan manusia.
Saat ini ada banyak perusahaan yang sudah memiliki inovasi layanan asisten virtual dalam produk dan layanan mereka. Tujuannya apa sih? tentu saja untuk meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan mereka.

7 perusahaan yang menggunakan Asisten Virtual

1. Telkomsel

Telkomsel merupakan perusahaan telekomunikasi seluler yang sudah ada sejak tahun 1993. Sepak terjang Telkomsel dalam dunia telekomunikasi seluler sudah tidak diragukan lagi. Jumlah penggunanya bahkan mencapai 170 juta hingga tahun 2020 dan menjadi perusahaan Telekomunikasi di Indonesia dengan jumlah pengguna terbanyak. Untuk meningkatkan layanan kepada pelanggannya,
Telkomsel berinovasi mengembangkan asisten virtual untuk lebih dekat dengan pelanggan dan memudahkan pelanggannya mengakses layanan dan produk Telkomsel.

Inovasi Layanan Telkomsel Berbasis Chatbot ini menjadikan Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi seluler pertama di Indonesia yang menggunakan inovasi asisten virtual.

Telkomsel mengembangkan Veronica yang awalnya adalah sebuah layanan mesin penjawab telepon menjadi layanan asisten virtual yang diberi nama Tanya Veronika Asisten Virtual. Layanan asisten virtual telkomsel ini dapat diakses di beberapa platform social media dan aplikasi yang diunduh melalui playstore.

2. Google

Perusahaan Google memiliki layanan asisten virtual bernama Google Assistant, yaitu asisten virtual yang tersedia di perangkat seluler smartphone/android dan perangkat rumah pintar. Ketika digunakan, Google Assistant dapat berkomunikasi dan terlibat dalam percakapan dua arah.
Bagaimana cara menggunakan Google asisten? tentu saja kamu harus login dulu menggunakan akun Google di smartphone lalu download aplikasi Google Assistant melalui Playstore.
Apa yang bisa Google Assistant lakukan? banyak sekali, diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Mencari Informasi
  2. Mengirim Pesan dan Menelpon
  3. Membuat jadwal
  4. Menanyakan kepadatan lalu lintas
  5. Menanyakan jadwal keberangkatan penerbangan dan kereta api
  6. Menanyakan kabar berita terbaru
  7. Membacakan Berita
  8. Memutar lagu dan video
  9. Membuka Aplikasi

3. Microsoft

Microsoft adalah perusahaan teknologi komputer yang dikenal melalui sistem operasi Windows. Microsoft menguasai hampir semua sistem operasi komputer di seluruh dunia dibanding sistem operasi komputer lainnya.

Windows operations milik Microsoft telah berkembang mulai dari Windows 1.0, Windows 2.0, Windows 3.0, Windows 9.5, Windows 9.8, Windows 2000, Windows XP, Windows Vista dan Windows 7, Windows 8 dan Windows 10.

Melalui sistem operasi komputer window 8 dan 10 inilah Microsoft membuat terobosan inovatif dengan menambahkan fitur yang lengkap, salah satunya adalah Cortana.
Cortana adalah aplikasi asisten virtual berbasis kecerdasan buatan yang dikembangkan untuk produk smartphone keluaran Microsoft, yaitu Windows Phone 8.1 , Apa saja kemampuan yang dimiliki Cortana? sedikit banyak mirip dengan kemampuan Google Assistant lain seperti mengirim dan membalas pesan, menelpon secara otomatis, mencari informasi mengenai banyak hal seperti jadwal transportasi dan perkiraan cuaca, membuat jadwal, pengingat, mengirim email dan Menemukan informasi lainnya.

4. Amazon

Apa yang kita tahu ketika menyebut nama Amazon? suku bangsa maya? e-commerce raksasa? yang tepat adalah Amazon adalah perusahaan teknologi multinasional dari negara paman Sam yang berfokus pada inovasi kemajuan teknologi . Ya benar Amazon memang terkenal dengan e-commerce nya lewat Amazon.com, namun Amazon tidak hanya memiliki e-commerce tetapi juga streaming digital dan produk inovasi berbasis kecerdasan buatan.
Salah satu produk inovasi berbasis kecerdasan buatan besutan Amazon adalah Alexa dan Echo. Alexa sebagai software kecerdasan buatan untuk pertama kalinya diaplikasikan melalui speaker pintar bernama Amazon Echo.

Alexa dan Amazon Echo ini mampu melakukan banyak hal seperti halnya Google Assistant. Jika Google Assistant berupa aplikasi Asisten Virtual seperti halnya Alexa, nah Echo ini maka perangkat kerasnya. miriplah dengan Yong Sil di drakor Start-up.

Apa yang bisa dilakukan oleh Amazon Echo? berkomunikasi dua arah, memutar lagu, film, membuat jadwal dan daftar tugas, menyajikan informasi prakiraan cuaca, jadwal transportasi, situasi lalu lintas, streaming dan berita terupdate.

Alexa sendiri memiliki kemampuan untuk terkoneksi dan mengendalikan perangkat pintar lainnya menjadi satu sistem, misalnya sistem rumah atau smart home.
Tertarik dengan layanan produk berbasis kecerdasan buatan dari amazon? saya sih tertarik sampai-sampai berselancar menuju Amazon.com dan melihat banyak sekalli produk berbasis kecerdasan buatan Alexa yang diaplikasikan ke berbagai produk pintar. Seperti, All-new Echo devices , Smart speakers, Alexa smart home, Alexa on the go dan masih banyak lagi.

5. Apple

Sudah tidak diragukan lagi memang kemampuan Apple dalam pengembangan inovasi teknologi. Perkara membuat inovasi kecerdasan buatan sudah tentu tidak mungkin dilewatkan.

Apple membuat layanan aplikasi Asisten Virtualnya bernama Siri pada setiap perangkat Smartphone keluaran Apple tanpa harus di download terlebih dahulu. Apa saja fitur asisten virtual apple bernama Siri ini? sama halnya dengan asisten virtual lainnya. Bisa dikatakan kemampuan standar sistem virtual, yaitu mengirim dan membalas pesan, menelpon dan hal-hal yang saya sebutkan diatas,. Tetapi,m Siri memiliki kemampuan lebih, yaitu berintegrasi dengan aplikasi iMessage dan sinkronisasi iCloud secara otomatis. Siri juga telah terintegrasi dengan sistem operasi smartwatch, operasi TV pintar, Apple Watch, tvOS, dan juga watchOS.
Tertarik?

6. Bank-bank besar di Indonesia

Bukan hanya perusahaan berbasis pengembangan teknologi komputer dan digital saja yang memiliki layanan asisten virtual, tetapi juga perusahaan perbankan.

Bank-bank besar di Indonesia salah satunya. Beberapa Bank di Indonesia kini telah mengembangkan layanan Inovasi asisten Virtual berbasis chatbot. Tujuannya? serupa dengan inovasi layanan Telkomsel berbasis chatbot yaitu Tanya Veronika, Bank-bank berikut ini juga memiliki asisten virtual dengan fungsi dan cara kerja yang sama. Berikut beberapa Bank di Indonesia yang sudah memiliki layanan asisten virtual berbasi chatbot, yaitu :

1). BRI (Bank Rakyat Indonesia) memiliki asisten virtual bernama Sabrina
2). BCA ( Bank Central Asia) memiliki asisten virtual bernama Vira
3). BNI (Bank Negara Indonesia) memiliki asisten virtual bernama Cinta
4). Bank Mandiri memiliki asisten virtual bernama Mandiri Intelligence Assistant (MITA)

Dengan adanya layanan asisten virtual berbasis chatbot di dunia perbankan, bertujuan untuk efisiensi dan efektivitas dalam melayani pelanggan, terutama mereka yang melek teknologi digital.

7. Perusahaan Rintisan ( Startup)

Perusahaan rintisan atau Startup saat ini semakin tumbuh dan berkembang. Perusahaan rintisan ini mengembangan inovasi teknologi digital berbasis kecerdasan buatan. Mereka membuat produk dan juga aplikasi. Salah satunya adalah aplikasi asisten virtual pribadi yang dapat diunduh secara gratis maupun berbayar melalui Playstore atau appstore lainnya di smartphone android.

Asisten Virtual dalam bentuk aplikasi ini ditujukan untuk penggunaan pribadi atau personal use. Fungsi dan fitur yang terdapat di aplikasi asisten virtual ini adalah menunjang kegiatan dan kebutuhan personal users. Berikut beberapa aplikasi asisten virtual pribadi yang dapat di unduh di Playstore atau Appstore, diantaranya adalah Bixby, Dragon Mobile Assistant, AIVC, Lyra, Robin, DataBot dan Jarvis.

Itulah tujuh Asisten Virtual Yang Sedang Trend Saat Ini, adakah diantara tujuh asisten virtual ini sudah teman-teman miliki atau pernah gunakan? yuk berbagi pengalaman menggunakan asisten virtual di kolom komentar (^_^)

4 komentar:

  1. Asisten tanpa bentuk yang hampir selalu dan akan mendampingi pengguna digital ke depannya. Berkembang sangat cepat dengan berbagai kemudahan. Artikel yang bagus dan up to date.

    BalasHapus
  2. dari sekian banyak virtual asisten ini, baru pakai Siri aja
    ternyata banyak bener ya, dan kehadiran mereka ini bener bener membantu juga untuk scheduling atau apapun itu

    BalasHapus
  3. Aku cuma pake nomor 1, 2, dan 3 saja, teh.. yg paporit sih tanya veronika asisten virtual, mantul beeudd!!

    BalasHapus
  4. Aku cuma pake nomor 1, 2, dan 3 saja, teh.. yg paporit sih tanya veronika asisten virtual, mantul beeudd!!

    BalasHapus