Perbanyak Minum Air Putih Di saat Sering Begadang

3 komentar

Perbanyak Minum Air Putih Di saat Sering Begadang. Begitulah apa yang dikatakan oleh ahli kesehatan. Benarkah? yuk simak hasil pengamatan saya terhadap kebiasaan saya yang sering begadang dan korelasinya dengan apa yang dikatakan oleh ahli kesehatan. 

Menurut situs alodokter, orang dewasa seperti kita membutuhkan tidur yang cukup selama 7 hingga 9 jam per hari. Mengapa dibutuhkan hingga 9 jam per hari? Karena saat kita tidur, tubuh akan bekerja memperbaiki kondisi tubuh secara fisik dan mental. 

Dampak Buruk Begadang Bagi Kesehatan

Dampak buruk dari begadang yang saya rasakan sendiri sudah pasti seharian jadi ngantuk parah dan sering menguap. Jangan tanya soal mood, udah pasti gak stabil dan mostly badmood karena kurang tidur . Hilang konsentrasi juga termasuk dampak Buruk dari begadang. Jadi gak fokus juga kalau ngerjain ini itu. Apalagi siang hari saya gak bisa tidur siang karena dilarang oleh si bungsu, dia takut kalau saya tidur karena katanya tidak ada teman, jadilah saya menahan ngantuk seharian dan kadang malah jadi pusing kepala. 

Selain jadi mengantuk seharian dan kurang fokus, berikut dampak buruk lainnya dari begadang, yaitu :

1.  Berat Badan Naik

Mengapa begadang bisa menyebabkan berat badan naik? karena, selama kita tidur tubuh akan melakukan proses pembakaran kalori ( American Journal of Clinical Nutrition) jika jam tidur kita berkurang maka proses pembakaran kalori ini akan terhambat terlebih lagi jika selama begadang banyak ngemil dan makan melebihi kebutuhan kalori harian. 

2. Kulit wajah tampak kusam dan berjerawat

Begadang tentu menyebabkan kurang tidur akibatnya akan meningkatkan jumlah hormon kortisol dimana hormon ini akan memicu proses inflamasi dan membuat kulit terlihat kusam. 

3. Mudah lupa dan tidak fokus

Begadang tentu menyebabkan kita mengalami kurang tidur dan akibatnya kita akan bangun dalam keadaan pusing dan badmood. Akibatnya kita akan mengalami hilang fokus dan kurang konsentrasi. Kalau sudah begini biasanya akan menjadi mudah lupa. 

4. Bad Mood dan depresi


Ketika kita mengalami kurang tidur, otomatis tubuh akan memiliki kualitas tidur yang buruk sehingga berakibat terhadap perubahan suasana hati .


Solusi mengatasi Dampak Buruk Begadang

Terkadang saat kita memiliki deadline pekerjaan atau project tertentu, begadang menjadi salah satu aktivitas yang sulit dihindari. Meski demikian, masih ada beberapa solusi yang bisa kita lakukan agar terhindar dari dampak buruk yang diakibatkan dari aktivitas begadang di atas. Solusinya adalah sebagai berikut :

1. Ambil tidur siang 30 menit saja untuk mereset tubuh dan pikiran yang lelah dan mood yang berantakan akibat kurang tidur

2. Lakukan olahraga ringan 

3. Kurangi makanan terlalu asin dan manis

4. Minum air yang cukup dengan kebutuhan harian kita untuk meningkatkan energi dan konsentrasi



Kalau saya sendiri sih, kalau malamnya begadang pasti maksain tidur siang maksimal 30 menit. Kalau terlalu lama badan malah terasa lebih lelah dan rasanya kaya yang kurang aja gitu tidurnya. Terus olahraga ringan aja seperti joging atau senam santai. Tidak lupa banyak minum air putih dan hindari kafein. 

Tanos Drink Water Challenge Day 4


Sengaja saya berbagi cerita tentang begadang di jurnal hari keempat ini karena, saya sering mengalami dampak buruk dari begadang dan ternyata, tubuh yang tetap terhidrasi membantu sekali saat saya mulai kehilangan konsentrasi dan mulai badmood.

Di hari keempat  Tanos drink water challenge ini alhamdulillah saya  mulai merasakan efeknya yang luar biasa, yaitu mulai inget aja kalau belum minum terus sebelu aktivitas langsung ingetin diri sendiri," ayo minum - ayo minum!!! ". Alhamdulillah hari ini saya minum 2 liter sesuai target! .  Inilah cerita saya di hari ketiga, apa kabar cerita kak Renovrainbow yaaa??


Pencapaian di hari keempat


Berikut rekap pencapaian tantangan para pejuang Tanos. Buat teman - teman yang penasaran dengan perjalanan para pejuang Tanos selama mengikuti challenge ini, silahkan kepo - kepo instagram saya dan kak Renovrainbow ya. 


Tanos
Rekap pejuang Tanos day 4


Eka FL
Mom bloger yang hobi menggambar dan bikin kue kering. Pecinta kucing dan tanaman, suka banget mie ramen dan bakso yang ngakunya post rocker tapi playlist KPop semua.

Related Posts

3 komentar

  1. Saya sering begadang mbak 🤣🤣🤣 cuma temen begadangnya kopi 🤣🤣

    Nggak sehat sih saya tahu..cuma kalo minum air putih rasanya ga seru 😂😂

    Kayak pelem yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo kak anton, emang kalo begadang paling enak sama kopi sih ya. biar nambah fokus. tapi tetep harus diimbangin sama air putih juga. sekali kali bikin infus water atuh kang, tapi tetep kurang jos ya kalo jadi temen gadang, hehe

      Hapus
  2. Nah ini mbak ku suka lupa minum air putih akibatnya suka kering tenggorokan mungkin skrg gpp tapi bahaya juga kan ya lama2.. biasanya aku pake botol seliter yang khusus air putih kalau di tempat kerja tapii sjak wfh ku kerja di rumah ya bawaanya lupa aja mungkin karena suka pindah2 tempat duduknya wkwkwk

    BalasHapus

Posting Komentar