Tips Cara Memasak Nasi Dengan Kompor Gas dari Ibu

cara menanak nasi dengan kompor gas
Ilustrasi artjoka



Tips Cara Memasak Nasi Dengan Kompor Gas dari Ibu ini tidak akan pernah saya lupakan. Karena Ibu saya yang mengajari saya pertama kali memasak nasi waktu saya masih duduk di bangku sekolah dasar ( SD ). 

Saya masih ingat, waktu itu saya masih kelas 3 SD dan pertama kali diberi tanggung jawab memasak nasi langsung dengan dandang oleh ibu saya. Ibu mengajari saya bagaimana cara memasak nasi dengan kompor gas karena waktu itu rice cooker belum lahir, hehehe. Awalnya agak sulit dan pegal, tapi lama kelamaan jadi terbiasa hingga berlanjut sampai akhirnya keluarga kami beralih ke rice cooker.

Sekilas memang memasak nasi dengan kompor gas lebih ribet jika dibandingkan dengan menggunakan rice cooker. Tetapi, dari segi rasa, nasi yang dihasilkan dengan cara memasak nasi dengan kompor gas ini terasa lebih nikmat dan harum. Terlebih lagi kalau kita menggunakan beras Cianjur atau Garut, Udah deh, begitu uap nasi mulai tercium dari dandang, perut seketika minta makan, hehe

Jadi, seperti apa sih Tips Cara memasak Nasi Dengan Kompor Gas dari Ibu saya? yuk kita bongkar rahasianya

Tips Cara Memasak Nasi Manual Dengan Dandang


Dandang yang dalam bahasa sunda biasa disebut “aseupan sangu” adalah panci yang dibuat khusus untuk memasak nasi dengan kompor gas. Sekarang banyak marketplace yang menjual berbagai macam jenis dandang mulai dari bahan alumunium dengan harga murah hingga dandang bermerk yang mahal. Perbedaannya dimana? tentu saja dari kualitas bahan. Jenis aluminium serta ketebalan bahan yang digunakan menjadi dasar kualitas dari dandang itu sendiri. 

Dulu, ibu saya mengajari cara memasak nasi dengan kompor gas menggunakan dandang yang biasa dijual di pasar yang desainnya jadul abis. Bentuknya lucu sih menurut saya karena mirip terompet dan menggunakan aseupan bambu sebagai wadah untuk menyimpan nasi yang sudah dimasak setengah matang terlebih dahulu di panci. Dandang jadul ini memiliki diameter 30 cm tinggi 35 cm. Sekarang sih dandang jenis ini jadi legenda, alias jarang banget orang yang pakai. Termasuk saya, hehehe.

menanak nasi dengan dandang
Ilustrasi artjoka



Tetapi, inilah rahasia nasi yang dihasilkan memiliki rasa dan aroma yang khas serta jauh lebih nikmat jika dibandingkan dengan menggunakan dandang modern bahkan rice cooker sekalipun. Yaitu penggunaan kerucut bambu sebagai wadah menanak nasi nya. Ibu saya bilang, bambu membuat aroma nasi terkunci dan mengeluarkan aroma yang khas. tentu belum ada penelitian ilmiah terkait hal ini, tapi memang terbukti nasi yang dihasilkan lebih wangi, pulen dan nikmat. 

Namun, setelah menggunakan dandang jadul beberapa waktu akhirnya kami beralih menggunakan dandang silinder yang lebih mirip panci berukuran besar. tidak ada alasan khusus sih selain daripada mengikuti perkembangan jaman. Dandang jadul akhirnya tersimpan di dalam lemari dan jadi bagian sejarah keluarga kami. semacam ada kenangan yang tiba-tiba muncul ketika membuka lemari dan melihat dandang jadul ini. Kenangan ketika pertama kali menanak nasi secara manual dan kenangan memasak bersama dengan ibu. Nilai historis ini yang tidak akan pernah lekang oleh waktu. 

Cara Memasak Nasi Dengan Kompor Gas Ala Ibu


Ibu saya, mengajarai saya cara memasak nasi dengan kompor gas dengan menggunakan dandang modern yang memiliki bentuk lebih mirip panci berukuran besar. Dandang ini memiliki dua bagian yang disekat oleh saringan alumunium, dimana bagian bawah untuk menyimpan air dan bagian atas untuk menyimpan nasi yang telah dimasak setengah matang di panci lain sebelumnya.Kain saringan menjadi pengganti aseupan bambu sebagai wadah menyimpan nasi hingga matang sempurna.

Berikut cara memasak nasi dengan kompor gas

Berikut cara memasak nasi manual dengan dandang di kompor gas berdasarkan resep dari ibu saya, yaitu :

1. Mengambil Beras


Ambil beras sekitar 1 liter lalu cuci bersih hingga air cucian beras berwarna bening. jangan buang air cucian berasnya karena bisa digunakan untuk menyiram tanaman agar lebih subur

2.  Menyiapkan Panci


Siapkan panci khusus untuk memasak nasi hingga setengah matang atau biasa disebut nasi gigih. panci ini berbahan alumunium dan memiliki diameter sekitar 20 cm

3. Menanak Nasi


Masukan beras kedalam panci lalu tambahkan air ke dalam panci. Takaran air memasak nasi adalah melebihi satu ruas jari di atas beras. Ibu saya bilang, takaran air menanak nasi ini adalah resep rahasia agar nasi nantinya tidak terlalu lembek atau terlalu keras.

Agar nasi cepat matang, gunakan api besar sambil sesekali diaduk agar nasi tidak gosong dan tidak lengket di permukaan dasar panci. nah bagian ini nih yang memerlukan perhatian khusus dan memang bikin pegal, hehehe

setelah nasi terlihat agak setengah matang ( dalam bahasa sunda disebut nasi gigih ) matikan kompor dan siapkan dandang

4. Memasak Nasi Menggunakan Dandang


Siapkan Dandang dan Isi air ke dalam dandang hingga ¾ bagian bawah dandang dan jangan lupa letakan saringan aluminium di atasnya. Siapkan saringan kain dan letakan nasi gigih tadi di dalamnya . Gunakan api sedang agar nasi cepat matang dan jangan lupa tutup ya. Tunggu hingga 30 menit atau jika nasi dirasa sudah cukup matang sesuai selera


Nah, itulah cara cara memasak nasi dengan kompor gas dari Ibu saya. Sesekali sih saya rindu memasak nasi dengan kompor gas  ini. karena seperti yang saya sebutkan diatas, aromanya khas dan rasanya lebih nikmat. tetapi karena efisiensi waktu akhirnya kami beralih juga ke rice cooker, hehe.

Kalau teman - teman, ada kenangan khusus gak menanak nasi manual dengan dandang? seperti apa sih cara memasak nasi dengan kompor gas ala teman - teman? pasti ada ya, yuk berbagi kenangan di kolom komentar

12 komentar:

  1. Aku tau cara masak manual ini, Krn dulu mama dan ART masaknya jg begitu ,pas aku msh kecil. Tp pakenya dandang yg tabung mba. Kalo yg bambu itu aku blm prnh liat. Mama bilang, masak nasi dgn cara begitu bikin nasi ga cepet basi. Pas kemudian rice cooker mulai ada, mama beli rice cooker ya, tp jarang dipake. Ttp aja msh senengnya pake dandang :D.

    Kalo aku pribadi pernah ga masak nasi cara begitu ? Pernah sekali. Pas listrik mati :p. Sekali itu doang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo kak fanny,
      iya nih cara masak pake dandang begini emang jaduul banget ya, wehehehe. saya ngalamin ini sampai sekitar SMP gitu kalo gak salah. cukup lama sampai ketemu di ricecooker, hihihihi

      iya betul, nasi kalo dimasak pake dandang gak cepet basi dan aromanya itu lho....hhhmmm lah. Nah cara masak pake dandang ini sangat bisa dipakai kalau mati lampu ya, hihihihi

      Hapus
  2. Baru tau ada dandang jadul kayak gituuu. Di kampung saya ga ada kayaknya, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Uni,
      wah di padang gak ada kak? kalo jaman dulu orangtua di sana masak nasi kaya gimana ya? di sunda mah begini kak, hihihi. unik sih kalo menurut saya

      Hapus
  3. Aku malah baru tau bentuk dandang jaman dulu begitu hehe.. aku lebih suka pakai rice cooker aja deh kak. Tinggal cuci berasnya, taruh di dalemnya, trus ceklek jangan lupa di klik. Kalo sampe kelupaan ambyar dah.. udah nunggu lama eh taunya masih jadi beras haha

    BalasHapus
  4. Lucuk lihat ilustrasinya teh, hihi.. pasti di rumah gitu ya susunannya? hihi..
    Auto search gugel dandang zadulnya lho aku, wkwk.. emang lucu bentuknya ya.
    Kalo aku pertama kali disuruh masak nasi itu pas kelas 5 atau 6 gitu deh.

    BalasHapus
  5. Wiih keren kelas 3 sd dah jago masak nasi sndiri, pake dandang pula...
    Klo dlu aku sukanya ngoretin nasi dicentong kayu yg dipake masak, hahahah

    BalasHapus
  6. Kalau bahan dandang sendiri selain aluminium ada enggak sih, Mbak? Beberapa kali baca soal concern bahan alat masak ini, tapi belum serius juga sih nyari perangkat lain dengan bahan yang dikatakan lebih aman.

    BalasHapus
  7. Dulu ibuku suka pake dandang jadul gitu juga. Paling seringnya muncul dandang ini pas ada acara hajatan.. Sekarang udah jarang yang make yaa, padahal rasanya enak banget, apalagi ada bau2 dari bambunya, heuuuummm

    tapi ku penasaran, kenapa pada bnyak yg nulis tema masa nasi ini ya teh? *kepo

    BalasHapus
  8. Aku dulu juga terbiasa masak make kompor kak, tapi karena semakin canggih teknologi akhirnya menggunakan ricecooker juga hehehe. Sekarang kakau suruh praktik masih yakin kadi nasi apa ga, kalau ibuku bisa banget.

    BalasHapus
  9. Kalo ibuku di rumah masaknya pake kompor gas. Ga pake rice cooker. Ibuku juga nampaknya belum faham gimana cara masak pake rice cooker. KAtanya, rasa nasi dimasak dengan rice cooker dan kompor itu beda. Enakan di kompor. Tapi ga tau deh, tugasku cuma taunya makan doang hahaaaa

    BalasHapus