AKU DAN TANTANGAN Dulu, ketika saya masih sangat muda dan penuh energi saya sangat menyukai tantangan. sebut saja,  ...

TANOS, Apaan sih?



AKU DAN TANTANGAN

Dulu, ketika saya masih sangat muda dan penuh energi saya sangat menyukai tantangan. sebut saja, 



Naik gunung? lewat!

Climbing? lewat!
Arung jeram? lewat

Semua saya jalani dengan senang hati. udah sampai mana saja? yah masih sekitaran Bandung - Bogor - Garut sih, wkwkwkwk. lagaknya kaya yang udah menaklukan Mount Everest ya, hihihi . Eh  beneran lho, semua kegiatan khas pecinta alam itu bener - bener  saya lakukan. 


Tetapi seiring dengan berjalannya waktu dan semakin naik angka di kue ulang tahun, jiwa "tertantang" saya makin tergerus urusan mencari cuan sampai melupakan kesukaan saya yaitu  ...

" mendaki gunung  lewati lembah, Sungai mengalir indah ke Samudra , Bersama teman bertualang ...... " lho lho! kok jadi nyanyi lagu Ninja Hatori? wkwkwk


Sekarang, tantangan saya beda lagi. Sudah bukan soal tantangan fisik dan keberanian menaklukan alam. Tetapi menaklukan yang paling sulit ditaklukan, yaitu diri sendiri.

Maksudnya?

Kenal sama yang namanya ego? baper? negatife thinking? overthinking? kebiasaan yang merusak diri tapi seneng banget ngelakuinnya? pasti kenal dong ya, kalau belum kenal...yuk kenalan dulu sama diri sendiri, hehe

Ternyata, dengan semakin bertambahnya usia maka semakin bertambah juga daya sadar. iya, sadar akan potensi diri, kekurangan dan respon terhadap dunia luar. hal ini bagus untuk meningkatkan kemampuan dalam berkarir atau berkarya. juga bagi kita para emak yang setiap hari koprol dengan tugas domestik dan pengasuhan anak - anak.

kok bagus sih? ya iyalah, 

Misal kamu yang punya karir kan kepengen tuh naik karirnya dan gak stay di tempat. Maka pengembangan diri sangat diperlukan. Betul?

Lalu kita, para emak...kepengen kan hubungan suami - istri, ibu - anak , menantu - mertua lancar jaya? pengembangan kualitas diri juga perlu dilakukan. Betul?

Atau kamu, wahai pengusaha muda atau tuir kepengen kan dagangannya laku keras kaya air mengalir tiada henti? maka, pengembangan diri juga sangat diperlukan agar memiliki mental baja menghadapi segala macam lika - liku anak tangga pencapaian kesuksesan. betul?

maka dapat di simpulkan bahwa, pengembangan diri itu harus ada di muka bumi ini, huahahaha! agar supaya kita menjadi manusia yang jauh lebih baik dari hari ini. karena, kita hidup gak sendirian di dunia ini, kecuali kamu pindah ke planet mars. tapi gak kan ya? 

Nah, saat kita berinteraksi dengan orang lain atau orang terdekat, yang namanya gesekan akan selalu ada. termasuk respon kita. kalau responnya biasa aja sih yaahh gak masalah, tapi kalau ternyata kita memiliki kekurangan yang menghambat jalur komunikasi dan relasi maka perlu diperbaiki.

Contohnya, masih ingat kasus ikan tongkol 1 kg di artikel Tantang Diri Sendiri , Keluarlah Dari Cangkang? itu fatal kan ya? makanya kenapa kita perlu meng-upgrade kepribadian dan kebiasaan kita. 


TANOS


Berangkat dari pemahaman di atas, maka saya dan kak renovrainbow sepakat untuk kembali menguasai seluruh galaxy! huahahaha, hehehe gak deng! 

Tapi sepakat untuk saling support dan mendukung terhadap pengembangan diri, yaitu dengan melakukan serangkaian tantangan terkait self love. 

KENAPA SIH NAMANYA TANOS

TANOS  merupakan akronim dari Tantangan NaOn Sih, yang kalau di bahasa indonesia-kan menjadi Tantangan Apa Sih. kenapa TANOS? agak mudah di ingat saja, dan secara phonic mirip sama Thanos-nya avenger ya, hehehe. 

Iiih serem, kok ambil nama penjahat sih? katanya mau memperbaiki diri? 

Sama hal  nya dengan team avenger yang menghadapi kejahatan Thanos untuk melenyepkan  setengah isi galaxy, maka TANOS juga memiliki makna demikian dimana kita, dengan segala potensi yang kita miliki berupa kesadaran diri, keinginan yang kuat serta tekad dan kesungguhan SIAP BERPERANG menaklukan ego, baper, bad habit dan kekurangan kita lainnya. 

GRATITUDE CHALLENGE


Ada banyak sekali point pengembangan diri yang bisa dilakukan, tetapi untuk saat ini sebagai langkah awal, maka GRATITUDE CHALLENGE menjadi pilihan kami untuk memulai TANOS. 


Mengapa gratitude challenge? 

Karena kita terkadang sering lupa bersyukur dan fokus pada apa yang tak nampak di dalam diri kita dan lebih memikirkan apa yang ada pada orang lain. hal sepeti ini merusak kan ya? merusak iman dan kualitas kebahagiaan hidup kita.

Saya jadi ingat ayat di Al-qur'an yang menyatakan bahwa,


Allah akan menambah nikmat kita jika kita bersyukur dan sebaliknya, mengadzab hambaNYA yang kufur nikmat ( Q.S Ibrahim : 7 ) 

Berkaca ayat di atas, subhanallah sekali kan ya kalau kita rajin bersyukur sama Allah atas segala kenikmatan yang diberiNYa, dan kalau gak waduuhh serem kan ya akibatnya? hiiiii

RULES DAN WAKTU PELAKSANAAN 

Gratitude challenge akan di lakukan selama 7 hari ( 1 minggu ) mulai hari ini, tanggal 10 agustus 2020 hingga 16 Agustus 2020. 

Setiap hari kami akan melakukan GRATITUDE CHALLENGE, dimana kami akan mencatat setiap point bersyukur kami atas hari itu. Jadi semacam GRATITUDE JOURNAL dan kami posting di IG dan Blog kami.

kapan sih di postingnya? kalau saya memilih malam hari sebelum bobo syantiikk, karena itu adalah waktu ME TIME saya yang paling berharga untuk nulis. jadi, buat yang kepo kaya gimana sih GRATITUDE JOURNAL ala TANOS nya eka X renovrainbow??

Ikuti jejak kami di blog ya dan IG  @renovrainbow dan @efila_


HARAPAN


Harapan dari challenge TANOS ini adalah, kami bisa menjadi versi the best of me yang jauh lebih baik dari hari ini. mengutip kalimat saya sendiri di postingan tentang tragedi ikan tongkol itu tuh,

Dengan mencintai diri sendiri, kita bisa melihat hidup dari sudut pandang yang berbeda dan bahagia dengan hal yang teramat sangat sederhana.
Harapan lain, semoga langkah kami bisa menjadi inspirasi bagi teman - teman semua untuk bisa memiliki hidup yang bahagia melalui perubahan diri. seperti kata saya bilang di artikel tentang Memahami Si Belahan Jiwa,


Bahagia itu, kita sendiri yang ciptakan. Gak bisa beli kebahagiaan di Borma, kesana mah beli keperluan bulanan aja. Jangan lupa, minta cuan lebih yang warna merah buat beli kosmetik, eskrim dan coklat. Langsung todong aja, jangan pake kode – kode an, hahaha. Emak – emak juga perlu jajan dong, hihihi

12 komentar:

  1. semangat yaaa ...
    Hari ini adalah hari pertarungan kita melawan diri sendiri .
    Yes ... Bismillah

    BalasHapus
  2. Waaah kebetulab gratitude challenge ini sekarang sudah menjadi daftar rutin yang harus aku tulis sebelum tidur malam 😊 Dulunya sih juga challenge, karena aku merasa jarang sekali mengucap syukur atas hal-hal sederhana yang terjadi dalam keseharian. Yang ada mengeluh aja. Berubah kagak, komplen sering 😂

    Setelah rutin menulis gratitude list ini, bawaan diri lebih positif dan optimis. Masalah sih tetap ada, tapi dengan bersyukur mampu mengubah perspektifku dalam menghadapi masalah itu sendiri hihi

    Good luck, Mba Eka dan kawannya dalam challenge Tanos pertama ini :D semoga ada buah yang manisss dihasilkan setelah challenge berakhir ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo kak jane,
      wah kak jane udah lebih dulu sering bikin gratitude journal ya?? keren ih
      iya kak, aku setuju sama kakak. setelah aku coba beberapa hari ini bikin journal gratitude, bawaan positife aja walo lelah selelah lelahnya, hihihi

      makasih supportnya ya kak jane

      Hapus
  3. Wah jadi penasaran kek apa sih, gemes juga sama singkatannya, kirain apaan wkwkw

    Jadi kegiatan ini inisiatif kalian berdua aja ya, bukan diadakan oleh pihak lain? Kerennn... pantau IGnya ah mulai malam ini!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ternyata singkatannya wow ya, hihihihi
      iya kak, inisiatif kami berdua aja, tanpa sponsor, hahahaha

      Hapus
  4. Keren! Seneng nih punya temen virtual yang saling support. Tema self love memang selalu jadi hal menarik sih, supaya kita nggak melulu kagum sama orang, karena utamanya mengaggumi diri sendiri bisa bikin diri kita jadi lebih baik dari hari ke hari, ttsaah :D

    Semangat TANOS!

    BalasHapus
  5. Waah keren Mba Eka. Tadinya mampir di Ig Mba Renov trus penasaran Tanos itu apa..
    Aku percaya, salah satu kunci kebahagiaan adalah mensyukuri yg sudah kita miliki. Senangnya bisa saling supor dalam Gratitude Journal gini 😍😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo kak thessa,
      setuju kak! banyak bersyukur bikin kita lebih bahagia ya kak (^__^)

      Hapus
  6. Pelajaran paling berat nehhh.... bersyukur . Acap kali sebagai manusia kita lebih mudah mengeluh..

    Challenge yang bagus mbak, setidaknya akan mengingatkan kita bahwa kita sudah menikmati banyak selama hidup dan sudah seharusnya kita selalu bersyukur atas apa yang kita sudah alami dan nikmati

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya ngacung nih kalo soal ngeluh, banyak bangeettt ngeluhnya tiap hari. nak gini lah...anak gitu lah...harga sembako naik lah..jalna macetlah...PJJ bikin stress lah....danbla bla ..bla

      that's why kami bikin challenge ini. walau kami mengeluh tiada akhir, setidaknya berusaha tetap menikmati dan mencari celah bersyukur.

      makasih kak anton, berusaha memperbaiki diri dan semoga kedepannya bisa terus bersyukur walau tanpa challenge (^__^)

      Hapus