Tips Membuat Konten Artikel Blog Bermanfaat Bersama IndiHome

39 komentar

 

Tips Membuat Konten Artikel Blog Bermanfaat Bersama IndiHome


Makasih udh di folback y mba.. salam kenal. Pertama tau dri blog mba.. krn pas cari info soal MRCP. Qodarullah sy jg sakit batu di saluran empedu. Semoga sehat selalu ya mba.. infony di blog bermanfaat sekali.


Ini adalah sebuah pesan yang tersemat di direct message Instagram pribadi saya pada siang hari di bulan November 2022, ketika saya masih berada dalam masa pemulihan pasca operasi pengangkatan kantung empedu. 


Pada bulan Mei tahun 2022,  saya didiagnosa penyakit  penyumbatan saluran empedu dan batu empedu yang mengharuskan tindakan operasi pengangkatan kantung empedu pada bulan September 2022.  


Proses penyembuhan ini tidaklah mudah, mengingat gejala awal penyakit ini sudah saya rasakan pasca melahirkan anak kedua pada tahun 2016. Dibutuhkan waktu hingga enam tahun bagi saya hingga akhirnya menyerah di meja operasi setelah bertahun - tahun ikhtiar berobat medis dan juga alternatif.


Minimnya informasi pengalaman penderita batu empedu di internet membuat saya ingin membuat konten artikel di blog terkait pengalaman saya berobat batu empedu hingga sembuh. Tujuannya agar mereka yang mengalami hal yang sama tidak tersesat dan merasa sendirian melalui ujian sakit yang sama. 


Setelah artikelnya saya terbitkan, saya tidak menyangka jika  cerita  perjuangan saya melalui proses kesembuhan berobat batu empedu di blog ternyata bermanfaat bagi orang lain yang juga mengalami hal serupa. Kejaiban ini tidak akan terjadi tanpa hadirnya teknologi internet dan IndiHome sebagai internet provider terhandal. 


Tidak hanya satu pesan DM di atas saja, ada beberapa pesan serupa yang menyatakan ingin tahu lebih jauh tentang apa sih batu empedu itu dan bagaimana proses penyembuhannya berdasarkan  pengalaman saya yang sudah mereka baca sebelumnya di Blog.  


Blog, lebih dari sekadar platform menulis online biasa. Pada kenyataannya, blog sudah menjadi media berbagi informasi dan pengetahuan yang memiliki banyak manfaat baik bagi penulis blog sendiri terlebih bagi audience atau pembaca.


Selain menghadirkan artikel bermanfaat, blog juga merupakan salah satu upaya dalam turut serta meningkatkan literasi digital kepada masyarakat. Hal ini sejalan dengan komitmen Telkom Indonesia melalui sebuah komitmen bertajuk  'Empowering Society' melalui konten blog.


Lantas,bagaimana membuat konten artikel blog yang bermanfaat? Yuk ikuti tipsnya berikut ini.


kebahagiaan ngeblog bareng IndiHome
Kebahagiaan ngeblog bareng IndiHome (Dok. Pribadi)



Blog dengan Konten Bermanfaat dapat Membantu dan Mengubah Hidup Seseorang


Bicara terkait blog maka kita tidak dapat lepas dari bagaimana blog pertama kali hadir didunia melalui  kisah bapak pendiri blog yaitu Justin Hall


Mengutip dari laman situs theblogstarter, blog pertama di dunia diciptakan oleh Justin Hall pada tahun 1994, saat beliau masih menjadi mahasiswa di Swarthmore College. Justin Hall yang kala itu belum mengetahui istilah blog dan lebih memilih menggunakan istilah diary online, membuat buku harian online berbasis web bertajuk  Justin's Links from the Underground.


blogger pertama dunia
Blogger pertama dunia dan pencipta istilah blog (dok. pribadi sumber gambar wikipedia)



Masih dikutip dari laman situs yang sama, tujuan Justin Hall membuat diary online adalah karena beliau terbiasa membagikan cerita dan kisah pengalaman hidupnya sehari-hari dan ingin berbagi dengan teman dekatnya sejak masa remaja. 


Lantas siapa yang pertama kali mencetuskan istilah blog? Berterimakasihlah kepada Jorn Barger yang pada tahun 1997 menciptakan istilah blog yang merupakan kependekan dari weblog untuk menyebut kegiatan menulis secara online pada platform digital internet berbasis web.


Jadi, blog merupakan sebuah kegiatan menulis online pada sebuat platform berbasis web yang memiliki konten tulisan berupa artikel disertai informasi faktual dan dilengkapi link pendukung, gambar serta infografis.


Lebih jauh lagi, Wikipedia bahkan menyebutkan bahwa Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, mulai dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. 


Lantas bagaimana blog dengan konten bermanfaat dapat membantu dan mengubah hidup seseorang? 


Sebagai studi kasus, pengalaman bagaimana salah satu artikel saya di blog artjoka.com terkait berobat batu empedu di awal artikel contohnya. Dampak sebuah artikel di blog secara nyata membantu pembaca memperoleh informasi yang dibutuhkan yang dengan kehadirannya membantunya melalui permasalahan yang tengah dialami.


Contoh kasus lain? Blogger (sebutan untuk penulis blog) juga banyak yang mengalami hal yang sama dimana artikel yang mereka buat juga memiliki dampak positif yang sama kepada pembacanya. 


Melalui diskusi kecil di sebuah komunitas blogging yang saya ikuti, saya kerap menemukan keterkejutan yang sama dimana artikel yang para blogger tulis banyak membantu orang-orang melalui masalahnya. Seperti ketika pembaca mengalami sakit gigi, anak tiba-tiba demam, hingga sakit kronis seperti kanker dan bahkan tidak sedikit mahasiswa yang tengah menyelesaikan skripsinya menggunakan blog pribadi sebagai sumber referensi.


Hal ini membuktikan bahwa, blog telah menjadi salah satu media informasi kredibel, faktual dan dapat membantu pembaca. Bahkan Jonny Ross pada sebuah artikel di laman searchenginepeople.com  menyatakan bahwa pada tahun 2015 Blog memiliki peringkat  ke-5 sebagai sumber informasi online paling terpercaya dan akurat.


Blog sebagai salah satu media online namun bersifat pribadi, mampu menghadirkan konten yang bermanfaat dan inspiratif. Tidak hanya artikel terkait tips dan kiat namun juga pengalaman pribadi blogger terkait banyak hal. Hal ini sedikit banyak pasti akan memiliki pengaruh terhadap sudut pandang seseorang mengenai suatu hal atau isu tertentu, bahkan memberikan pengetahuan lebih kepada pembaca. Mengubah sudut pandang seseorang secara signifikan juga akan mengubah hidup seseorang. 


Sebagai contoh, IndiHome sebagai internet provider Indonesia, tidak hanya memberikan ekosistem layanan digital tetapi juga turut serta memberikan dukungan kepada  blogger melalui program edukasi agar blogger mampu menghadirkan konten artikel yang bermanfaat dan menginspirasi serta mengedukasi masyarakat Indonesia. 


Terkait hal ini. IndiHome kerap menghadirkan blog competition yang secara reguler diadakan sebagai bentuk “pecutan” bagi blogger untuk terus menghadirkan konten artikel yang berkualitas. Seperti blog competition tahun lalu yang mengangkat tema dan topik dari segala bidang seperti pendidikan, gaya hidup, olahraga dan game, teknologi, creative culture, tourism & hospitality, kesehatan, ekonomi dan bisnis serta profesi.


Blogger yang memiliki keunikan, ilmu dan pengetahuan, minat dan keahlian yang unik dan berbeda satu sama lain “dipecut” agar mampu menghadirkan artikel sesuai topik yang disediakan blog competition IndiHome sehingga blogger dapat memberikan  konten artikel blog berkualitas, bermanfaat dan memberikan pengetahuan serta sudut pandang yang berbeda kepada masyarakat. 


Sedikit banyak secara signifikan hal ini tentu akan berdampak cukup besar terhadap mengubah sudut pandang sesorang terkait topik yang diangkat oleh blogger. Tentu saja berdampak positif ya, seperti memberikan pengetahuan dan inspirasi terkait kebudayaan yang diangkat blogger yang jarang terkespos media lain atau seperti mengenalkan suatu profesi yang notabene kurang disukai oleh sebagain masyarakat Indonesia. 


Tidak hanya mengubah sudut pandang hidup pembaca, blog juga secara nyata telah merubah hidup blogger itu sendiri. Tidak sedikit dari blogger Indonesia kini yang didominasi perempuan merupakan ibu rumah tangga dan new mom yang mengandalkan sumber finansial dari blogging. 


Terkait hal ini saya sempat berbagi kisah perjalanan dengan sesama blogger parenting dan grup kecil alumni kelas SEO yang pernah saya ikuti yang mana kami sama-sama sepakat bahwa menjadi blogger telah mergubah hidup kami sepenuhnya. Bagaimana dengan menjadi blogger kami menjadi ibu rumah tangga yang lebih produktif, memiliki kemampuan menulis lebih baik dan membantu ekonomi  keluarga dengan menjadi blogger profesional. 


Jadi saya kira, keberadaan blog masih dibutuhkan oleh para pembaca karena nilai personalnya namun mampu menghadirkan informasi yang lengkap dan aktual. 


Blog sendiri bagi saya pribadi sudah menjadi rumah kedua setelah suami saya. Dimana sejak awal mengenal blog pada tahun 2012, secara konsisten saya menulis di blog.  Melalui blog saya dapat terus berkarya dan menuangkan kreativitas sembari menjalankan peran ibu rumah tangga di rumah. Dengan demikian, profesi ibu nyatanya tidak menghambat seorang perempuan untuk tetap berkarya dan berdaya. 


Bagi saya, selain sebagai media kreativitas dan berkarya, blog juga merupakan  media terapi menulis dan alhamdulillah  secara bertahap saya pulih dari trauma inner child, mampu melewati masa kelam baby blues dan postpartum syndrome yang berkepanjangan serta menemukan jati diri saya kembali setelah beradaptasi dengan peran baru sebagai ibu. 


Kekuatan dari terapi menulis di blog memang sedemikian dahsyatnya. Hal ini berbanding lurus dengan apa yang dinyatakan oleh penelitian Harvard Medical School pada laman resmi Cancer.net yang telah membuktikan bahwa menulis dapat meningkatkan kesehatan mental, fisik dan emosional. 


Mengutip tulisan artikel karya Ariska Puspita Anggraini pada situs health.kompas yang menulis hasil wawancara tertulis dr. Dito Anurogo, M.Sc (pakar kesehatan dan teknologi medis dari FKIK Unismuh Makassar),  mengatakan bahwa berbagai riset tentang manfaat terapi menulis untuk kesehatan telah dibuktikan oleh para ilmuwan di Amerika Serikat dan Inggris. dr Dito juga menyatakan bahwa secara psikologis, menulis dapat membantu mengurangi gejala-gejala depresi dan mengurangi dampak negatif pasca trauma.


Terkait hal ini, maka dapat disimpulkan bahwa membuat konten artikel di blog memiliki manfaat yaitu : 


  1. Media menuangkan emosi, ide, pendapat, pemikiran dan kreativitas
  2. Media terapi depresi dan stress
  3. Media mengasah kemampuan menulis dan meningkatkan daya ingat 
  4. Meningkatkan kerativitas dan produktifitas blogger itu sendiri
  5. Membantu pembaca dengan artikel bermanfaat
  6. Turut serta dalam memberikan edukasi dan meningkatkan kemampuan literasi digital masyarakat

Manfaat membuat konten artikel di blog
Manfaat membuat konten artikel di blog, Dok. pribadi



Tips Membuat  Konten Artikel Blog Bermanfaat dan Inspiratif



Bagi kamu yang suka menulis dan ingin konten tulisanmu bermanfaat bagi banyak orang, kamu juga bisa menjadi blogger.  Selain menebar kebaikan, kamu juga bisa memperoleh penghasilan lebih dari blog. 


Kamu bisa mulai menggunakan platform Blogger yang menguasai pengguna situs hingga mencapai 58,9% sementara platform Wordpress digunakan oleh 41.1% dari total pengguna situs dunia ( W3Techs,  division of Q-Success Web-based Services 2023).


Mulailah menulis dari hal yang sederhana seperti pengalaman tertentu, ketertarikan terhadap sebuah topik seperti film, musik, buku atau hal lainnya dan tulislah  konten artikel yang  bermanfaat dan inspiratif.


Mengapa? Karena blog merupakan media menulis online yang jejak digitalnya dapat ditelusuri oleh mesin pencari dan dibaca oleh siapa saja yang  berselancar melalui teknologi internet. Sehingga, mau tidak mau kita bertanggung jawab secara moral dalam memberikan sudut pandang, pendapat dan pemikiran yang mampu menggugah hingga merubah pandangan hidup seseorang.


Jika konten artikelmu dinilai bermanfaat dan berdampak positif, tidak menutup kemungkinan pembaca akan membagikan konten artikel di sosial media miliknya dan kamu mendapat benefit berupa eksposure personal branding blogmu.


Terkait hal ini,  hasil studi  yang dilakukan divisi riset New York Times dan studi yang dipresentasikan oleh Foundation Marketing kemudian  ditulis ulang oleh Propel Marketing & Design pada laman situsnya menyatakan bahwa,  94% orang membagikan sebuah konten blog karena mereka merasa blog tersebut memiliki konten yang bermanfaat. 


Lantas, bagaimana menulis konten artikel yang bermanfaat? Kamu dapat mengikuti langkah - langkahnya berikut ini, yaitu : 


1. Menulis konten artikel berdasarkan pengalaman pribadi 


Salah satu kelebihan blog adalah karena blog memiliki sisi personal yang unik sesuai dengan pribadi blogger itu sendiri. Dengan demikian tulislah konten artikel dengan sepenuh hati, jujur dan tidak mengada-ada. Dengan demikian, topik yang kamu tulis  akan tersampaikan dengan baik dan pembaca akan betah berlama-lama membaca konten artikel di blog pribadi milikmu.


2. Tetaplah menulis pengalaman pribadimu meski kamu menganggap konten artikel ringan, remeh dan tidak penting. 


Jangan salah, se-enteng apapun konten artikelmu bisa jadi merupakan hal yang cukup besar pengaruhnya bagi pembaca. Misal, kamu menulis terkait cara mengusir tikus dirumah, topik yang ringan bukan? Tapi akan menjadi manfaat luar biasa bagi pembaca yang memiliki permasalahan tikus yang cukup parah di rumahnya. 


3. Menulis artikel bermanfaat yang Memberikan solusi

Konten artikel blog yang bermanfaat seperti tips, kiat, dan bagaimana cara merupakan jenis artikel yang dibutuhkan pembaca. Artikel curhat? Mengapa tidak. Toh blog awalnya merupakan diary online bukan? Namun, tetap ya meski curhat, jangan lupa sisipkkan kesimpulan berupa solusi permasalahan yang kamu hadapi atau insight yang kamu dapatkan setelah curhat. 


Artikel curhat disertai insight justru lebih disukai dibanding listicle artikel loh. Karena pembaca dapat merasakan secara langsung, emosi dan perasaan yang kamu rasakan ketika menulis artikel. 


4. Tingkatkan kemampuan menulis dan belajar kaidah menulis yang baik dan benar. 


Caranya? Dengan tetap menulis terus menerus dan mengambil kelas khusus bagaimana mengembangkan teknik kepenulisan. Meningkatkan kualitas kepenulisan sangat diperlukan agar  pembaca merasa nyaman saat membaca dan mendapat informasi secara jelas. 


Terkait hal ini, Bars (Mohamad Yunus dan Suparno, 2009: 1.14) mengungkapkan  bahwa menulis merupakan suatu proses yang kemampuan, pelaksanaan, dan hasilnya diperoleh secara bertahap. Itu artinya, untuk menghasilkan tulisan yang baik dan berkualitas maka kamu harus menulis secara berkala dan konsisten. 

Bahkan data statistik dari riset statistik SEO 2023 yang dilakukan omnicoreagency, sebuah agensi digital marketing di USA menyatakan bahwa Konten blog yang berkualitas dalam artian  artikel yang  bermanfaat, memiliki teknik  menulis yang baik dan enak dibaca serta didukung infografis, mampu mendatangkan peningkatan lalu lintas blog hingga 2,000%.


5. Tingkatkan kemampuan literasi 


Luangkan waktu untuk membaca buku apa saja yang menarik perhatian atau terkait dengan topik artikel yang akan kamu buat. Karena dengan banyak membaca buku maka kamu akan memiliki banyak kosa kata ketika menulis konten artikel dan buku yang kamu baca dapat menjadi  referensi, sehingga tulisanmu menjadi lebih beragam dan kaya akan informasi.


6. Gabung Komunitas Literasi 


Salah satu manfaat bergabung dengan komunitas literasi adalah kamu akan mendapat dukungan, mendapat informasi terkait blogging, mendapat informasi penawaran kerjasama menulis di blog dan kamu akan mendapat teman serta relasi baru. 


7. Pastikan kamu memiliki koneksi internet yang handal


Dikarenakan blog berjalan dalam arus internet, maka sudah menjadi hal yang wajib hukumnya bagi kamu untuk memiliki koneksi internet yang handal dari Telkom Indonesia seperti IndiHome agar aktivitas blogging lancar.


8. Ngeblog di Luar Rumah untuk Mencari Inspirasi

Jika kamu merasa buntu ide untuk menulis konten artikel di blog, kamu bisa keluar rumah dan membuat artikel di coffe shop, coworking workspace atau wifi.id Seamless corner yang tersedia di berbagai titik di kotamu.


Tips menulis konten artikel bermanfaat di blog
Tips menulis konten artikel bermanfaat di blog (Dok.pribadi)



Wifi.id Seamless Corner IndiHome, Bantu Kamu Cari Inspirasi


Block writing atau buntu ide kerap menjadi kendala yang sering dialami blogger. Solusinya? Kamu bisa istirahat sejenak dari kegiatan blogging dan mencari inspirasi dengan berbagai cara seperti menonton film, membaca buku, mendengarkan musik atau diskusi dengan teman.


wifi.id seamless IndiHome
wifi.id seamless IndiHome (Dok.situs IndiHome.co,id)


Selain cara diatas, kamu juga bisa jalan-jalan keluar rumah dan ngeblog di Wifi.id Seamless corner IndiHome yang tersedia di banyak titik di kotamu. Untu melihat lokasi Wifi.id corner Seamless IndiHome yang tersedia, kamu bisa memanfaatkan google map.


Wifi.id Seamless corner IndiHome merupakan layanan add on IndiHome dimana kamu bisa menikmati koneksi otomatis jaringan luas Wifi.id dengan kecepatan internet hingga 100 Mbps. 


Kamu hanya perlu melakukan regsitrasi berlangganan dan mengeluarkan biaya Rp10.000 per bulan untuk tiap perangkat tanpa harus memasukkan username dan password berulang kali.  Manfaatkan layanan kece ini ketika kamu mencari inspirasi diluar rumah untuk membuat konten artikel di blog. 


Berikut cara berlangganan add-on Wifi.id Seamless melalui website IndiHome:

  1. Kunjungi dan Klik tombol berlanggan pada halaman Wifi.id Seamless
  2. Lakukan Login menggunakan email atau nomor handphone yang terdaftar.
  3. Masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS ke nomor handphone.
  4. Pada halaman Wifi.id Seamless, pilih nomor IndiHome dan klik Langganan.
  5. Ceklis Syarat & Ketentuan dan klik Berlangganan.
  6. Masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS ke nomor handphone .
  7. Masukkan nama perangkat yang ingin ditambahkan di Wifi.id Seamless lalu klik Simpan.
  8. Sambungkan perangkat ke jaringan seamless@wifi.id di lokasi manapun di Indonesia.
  9. Wifi.id Seamless berhasil diaktifkan.


Adapun syarat dan ketentuan berlangganan Wifi.id Seamless IndiHome adalah sebagai berikut : 


  1. Pelanggan wajib berlangganan IndiHome dan memiliki akun myIndiHome yang sudah terdaftar dengan nomor IndiHome.
  2. Pelanggan dapat menggunakan Wifi.id Seamless di lokasi yang terkoneksi dengan jaringan Wifi.id.
  3. Login Wifi.id Seamless dengan menggunakan username serta password yang terlampir di aplikasi myIndiHome.

Asyik bukan? 


Mencari inspirasi ngeblog di wifi.id seamless IndiHome, Supratman Bandung
Mencari inspirasi ngeblog di wifi.id seamless IndiHome, Supratman Bandung (Dok.Pribadi)


cari inspirasi ngeblog di wifi.id seamless IndiHome Bandung
Cari inspirasi ngeblog di wifi.id seamless IndiHome Bandung, ditemani kucingnya IndiHome, hehe ( Dok,pribadi)

ngeblog di wifi.id seamless IndiHome Bandung
Inspirasi membludak nih begitu ngbelog di wifi,id seamless IndiHome Supratman Bandung ( Dok. pribadi)




Nah, sebelum menulis konten artikel bermanfaat dan upload di blog, pastikan kamu menulis draft artikel terlebih dahulu, membuat riset dan mengumpulkan referensi untuk mendukung validasi informasi yang akan kamu sajikan dalam konten artikel. 


IndiHome, Mendukung dan Mengapresiasi Blogger


Telkom Indonesia melalui IndiHome terus berupaya memberikan dukungan kepada blogger denga menghadirkan program edukasi kepada blogger agar para blogger memiliki kemampuan menghadirkan konten yang berkualitas seiring perkembangan teknologi di blog pribadinya. 


Sebagai wujud realisasi dukungan kepada blogger, Telkom Indonesia melalui IndiHome menghadirkan program JOIN (ust on Indihome)  yang merupakan program edukasi atau pembelajaran bagi blogger berupa kelas edukasi dan webinar. Melalui program just on, IndiHome berharap blogger mampu memberikan konten artikel bermanfaat, menginspirasi dan mengedukasi masyarakat di seluruh Indonesia di blog pribadinya.


Terkait hal ini, sejalan bukan dengan bagaimana menulis artikel bermanfaat di blog poin tiga dan empat diatas? Tentunya!


Just On IndiHome untuk Blogger
Program Just On IndiHome untuk Blogger (Dok,pribadi, sumber gambar situs IndiHome)

topik Just On IndiHome
topik Just On IndiHome ( Referensi, situs IndiHome)


Kamu bisa meningkatkan pengetahuan, kemampuan menulis dan literasi digital dengan mengikuti kelas dan webinar yang disediakan IndiHome melalui program just on. Bagaimana caranya? Sangat mudah! Kamu bisa mengakses situs resmi IndiHome lalu melakukan registrasi dan mengikuti topik yang diinginkan.


Sebelum kamu melakukan registrasi, yuk baca terlebih dahulu ketentuan dan syarat mengikuti program  JOIN (Just On IndiHome) berikut ini : 


  • Terbuka untuk umum
  • Peserta bersifat perorangan
  • Satu login berlaku untuk satu orang
  • Peserta wajib mengisi data diri sebelum mengikuti kelas
  • Peserta mengisi pre test sebelum mengikuti kelas
  • Peserta menyimak kelas dengan sebaiknya
  • Setelah menyelesaikan kelas, peserta mengisi post test untuk bisa mendapatkan e-certificate yang bisa langsung di download pada akhir sesi.


Proses registrasi pun mudah loh, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini : 


  • Silahkan klik Register pada bagian atas laman IndiHome.com
  • Masukkan data diri dan nomor ponsel
  • Nomor ponsel yang terdaftar akan dikirimkan kode OTP yang akan digunakan untuk verifikasi
  • Setelah kode OTP diterima, silahkan masukkan dan lakukan konfirmasi
  • Verifikasi data yang sudah diisi
  • Jika sudah berhasil dalam membuat akun akan muncul tampilan Selamat. Silahkan lakukan login kembali jika akun sudah selesai di buat
  • Silahkan memilih topik kelas yang diinginkan dengan mengklik tombol topik


Bagaimana? Mudah bukan?


Sekarang kamu bisa upgrade skill dan pengetahuan untuk meningkatkan kualitas konten artikelmu sehingga bermanfaat dan menginspirasi, hanya dengan mengikuti program JUST ON IndiHome. 


Kunci Utama Membuat Konten Artikel Blog Bermanfaat Adalah,  Miliki Koneksi Internet Stabil dan Cepat dari IndiHome


Tentu saja! Bagaimana kita bisa menjadi blogger tanpa dukungan koneksi internet yang stabil dan cepat mengingat blog berjalan dalam ruang lingkup digital yang membutuhkan koneksi internet sebagai roda operasionalnya.


Saran saya, gunakan internet provider yang memiliki teknologi fiber optik karena dilansir dari situs Telkom Indonesia, kabel fiber optik adalah kabel yang dapat merubah sinyal listrik menjadi cahaya dengan perantara plastik atau serat kaca  yang mempunyai bandwith lebih lebar sehingga mampu memindahkan lebih banyak data dalam waktu yang lebih singkat daripada kabel konvensional.


IndiHome merupakan internet provider dengan kecepatan Internet unlimited hingga 300 Mbps yang sudah menggunakan teknologi fiber optik, sehingga kamu tidak perlu khawatir atau cemas ketika membuat konten artikel bermanfaat di blog terkendala sinyal wifi yang lambat, tidak stabil terlebih sulit upload gambar atau posting artikel. Dengan IndiHome, kegiatan blogging mu akan lancar. 


Apakah IndiHome memiliki paket internet khusus yang terjangkau? Tentu saja! IndiHome memiliki layanan paket internet beragam seperti pada gambar dibawah ini. 


Paket internet IndiHome
Paket internet IndiHome (Dok,pribadi, data dari situs IndiHome)

Paket layanan internet IndiHome
Paket layanan internet IndiHome (Dok,pribadi, data dari situs IndiHome)

Bagaimana? Cukup banyak bukan paket internet IndiHome yang ditawarkan? Kamu bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan budget ya. 


Kesimpulan


Sayyidina Ali Bin Abi Thalib radhiyallahu 'anh berkata,


“Ikatlah ilmu dengan menulis.”


Mengutip hadits dari sayyidina Ali bin Abi Thalib diatas, dapat dikatakan bahwa blog dapat menjadi upaya dalam mengikat ilmu dalam bentuk konten artikel dan artikel tersebut mampu memberikan dampak positif terhadap psikologis blogger yaitu membuat bahagia sebagai bagian dari terapi trauma, mengatasi depresi dan stress. 


Selain seluruh manfaat yang saya sampaikan diatas, saya meyakini bahwa blog juga merupakan salah satu langkah upaya meningkatkan kemampuan literasi (membaca) netizen di Indonesia dan mengajak mereka untuk mulai gemar menulis.  


Jadi, jangan ragu lagi kawan untuk segera membuat blog dan membuat konten artikel bermanfaat bersama IndiHome agar kegiatan blogging lancar, aman jaya tanpa kendala yang menghambat proses blogging seperti upload artikel, upload gambar dan ketika menggunakan aplikasi atau platform pendukung blogging seperti file sharing, platform sosial media, platform video conference, e-mail dan lain sebagainya.


Jadilah blogger yang mampu menghadirkan konten artikel berkualitas dengan tujuan membagi kebahagiaan dan kebermanfaatan serta membantu meningkatkan literasi digital masyarakat Indonesia bersama IndiHome. Salam literasi. 



quote blogger artjoka
quote blogger artjoka (Dok. pribadi)




Referensi :

IndiHome.co.id
Telkomsel.com
nu.or.id
theblogstarter.com
themeisle.com
searchenginepeople.com
health.kompasiana
Dwi Permana, 2009, Blog (Website Pribadi) Sebagai Media Alternatif
    Untuk Meningkatkan Kompetensi Menulis Di SMP Negeri 21 Semarang, Universitas Negeri                   Semarang



Eka FL
Mom bloger yang hobi menggambar dan bikin kue kering. Pecinta kucing dan tanaman, suka banget mie ramen dan bakso yang ngakunya post rocker tapi playlist KPop semua.

Related Posts

39 komentar

  1. Wah, bikin makin semangat ngonten nih. Meski sekadar tulisan di blog, yang penting bisa bermanfaat bagi pembaca.

    BalasHapus
  2. Internet yang cepat dan stabil beneran sangat ngebantu banget buat mencari referensi di internet supaya tulisan makin berisi dan nyaman dibaca oleh netizen. Menulis jadi semakin menyenangkan kalau sudah begini ya

    BalasHapus
  3. semangat terus kak bloggingnya. kadang untuk membuat sebuah artikel kita juga perlu riset2 dulu ya biar tulisan kita pun cakep dan berbobot

    BalasHapus
  4. Tetap semangat menulis ya kak! Cari referensi di internet memang harus ditunjang dengan konektivitas yang kenceng ya!

    BalasHapus
  5. Nulis pengalaman pribadi, nulis based on research, dan sebagainya yang penting nggak memplagiat dan tentunya bermanfaat positif bagi pembaca.

    BalasHapus
  6. Salah satu kebahagiaan blogger itu, saat apa yang kita tulis bermanfaat bagi orang lain ya, Mbak. Pastinya dalam ngeblog, kita perlu dukungan inetrnet cepat dan stabil, agar tulisan kita bisa tersebar luas.

    BalasHapus
  7. Pasti senang sekali kalo artikel/tulisan kita dibaca orang ya kak. Apalagi tulisannya bermanfaat. Kita jd punya teman utk berbagi rasa utk mencurahkan segala isi hati. Syukur bs jd teman di dunia nyata.

    BalasHapus
  8. Menulis curhatan di blog bukan hanya melegakan pemulisnya, tapi juga bermanfaat bagi yang membaca. Apalagi jika dengan solusinya dan referensi pendukungnya juga lengkap. Itu bisa dilakukan jika ada layanan internet yang cepat.

    BalasHapus
  9. Cari suasana baru juga malah bisa menginspirasi ya Kak. Contohnya ngeblog di Wifi.id Seamless corner IndiHome Supratman itu. Mana Mpuss-nya pula yg setia menemani...

    BalasHapus
  10. saya pun merasakan manfaat besar dari IndiHome dalam membuat konten yang bermanfaat buats aya dan sebagai memori, dan semoga juga bermanfaat untuk orang lain

    BalasHapus
  11. Mantap nih semua sejarahnya bikin nambahin ilmu dan wawasan. Alhamdulillah ya sekarang kita hidup di jaman serba internet. Semuanya jadi lebih mudah

    BalasHapus
  12. kayaknya aku harus sungkem sama pelopor blog. berkat blog aku bisa healing dengan damai dan cukup di rumah aja asal ada internet hihi

    BalasHapus
  13. Blog dapat dijadikan ladang amal sekaligus yang bermanfaat karena memberikan solusi untuk yang membutuhkan siapa tahu saja mengalami masalah yang sama ya.

    BalasHapus
  14. ada rasa bahagia yang tak terungkap ya Mbak, ketika yang membaca blog kita (terlebih pengalaman pribadi) lalu sang pembaca mengambil manfaat dari cerita itu, rasanya gak bisa dah diungkapkan dengan kata-kata, jadi makin semangat untuk menulis dan menulis yang lebih baik lagi jadinya :)

    BalasHapus
  15. Sehat-sehat selalu, teh Eka. Semoga semakin semangat ngeblognya dan selalu menebar kebaikan dengan tulisan-tulisan ketje-nya

    BalasHapus
  16. Betul sekali, pekerjaan blogger butuh dukungan koneksi internet yang stabil dan cepat karena blog berjalan dalam ruang lingkup digital yang membutuhkan koneksi internet sebagai roda operasionalnya.

    BalasHapus
  17. Cari informasi itu emang lebih enak dari blog personal, tidak banyak iklan dan ulasannya lebih dalam. Setuju sih internet tuh penting banget buat blogger

    BalasHapus
  18. Mengikat ilmu dengan menulis menjadi hal yang menarik sekaligus bisa menebar manfaat. Semakin menulis akan semakin banyak ilmu yang didapatkan. Apalagi dengan adanya internet manfaat dan ilmu terus bertambah

    BalasHapus
  19. Pengalaman yang sama pernah kualami. Beberapa pembaca memberikan feedback positif terhadap artikel di blog ku. Hal ini sangat membuatku merasa bahagia, karena secara tidak langsung akan menjadi pahala jariyah. Semangat buat kita semua para blogger untuk membuat konten blog yang bermanfaat bagi masyarakat.

    BalasHapus
  20. Menurutku penghargaan tertinggi blogger kalau tulisannya bermanfaat bagi orang lain.

    BalasHapus
  21. Masya Allah, punya kebahagiaan tersendiri ya bisa berbagi dan memberikan manfaat buat banyak orang, seneng ada internet cepet kaya IndiHome yang bisa memfasilitasinya

    BalasHapus
  22. Blogging itu memang banyak banget ya mbak manfaatnya, terutama buat diri kita sendiri agar menjadi lebih kreatif dan produktif serta menuangkan emosi, ide, dan pendapat.

    BalasHapus
  23. Alhamdulillah, bahagia sekali jika konten kita bermanfaat. Semoga bisa terus menebar kebaikan dan manfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih juga tipsnya kak, ga terpikirkan utk ngeblog di luar rumah pdhl sesekali perlu ya biar ide semakin berkembang

      Hapus
  24. Seumur-umur kenal IndiHome belum pernah nongkrong di tempat WiFi seperti foto di atas
    Saya kenal IndiHome makin nyaman internetan di rumah

    BalasHapus
  25. Wah, keren Mbak. Selamat menebar manfaat dan inspirasi bagi pembaca yang lebih luas ya, Mbak.

    BalasHapus
  26. Setuju banget untuk tetap menulis, karena setiap tulisan akan menemukan pembacanya masing-masing ya kak. Semangat terus ya, Kak

    BalasHapus
  27. MashaAllah~
    Tulisan yang menginspirasi dan sebenarnya bermaksud hanya berbagi informasi ternyata malah menjangkau lebih luas pembaca yang membutuhkan informasi tersebut ya..
    Ini dunia digital yang penuh keajaiban sehingga jangan ragu untuk konsisten berkoten ria bersama Wifi.id Seamless IndiHome.

    BalasHapus
  28. menulis itu emang proses banget sih. dan internet emang aset buat kita terus belajar dan berproses itu

    BalasHapus
  29. Nah betul banget, buat nerbitin satu artikel di blog pribadi itu kadang butuh waktu minimal segpharian penuh buat baca riset dan nulisnya.

    BalasHapus
  30. Indihome memang juaranya! Hampir semua rumah di sini langganan lho kak. Jadi memang sebagus itu

    BalasHapus
  31. Emang paling senang kalo lagi semangat semangatnya nulis ditemani sama jaringan internet yang lancar, supaya ide pun mengalir juga ya kak

    BalasHapus
  32. Tertabok nih... aku padahal niat awal pengen bisa nulis sebagai sesi berbagi. Tapi aku kadang merasa curcolanku berlebihan alias kepanjangan.
    .tapi tiap tulisan memiliki pembacanya ya mbak.

    Fan sepertti yg dilakukan mbak eka gini..masya allah lho.. sehat2 y mbak

    BalasHapus
  33. Kerennya IndiHome, bahkan provider berjaringan luas di tanah air satu ini pun menyediakan program yang dikhususkan untuk para bloger agar makin meningkat skill dalam mengembangkan diri sehingga blog yang dikelola pun jadi tumbuh semakin baik.

    BalasHapus
  34. Nulis di blog memang yg paling seru cerita pengalaman ya, teh Selain ceritanya ngalir gitu aja, pasti banyak kebetulan² yg terjadi setelahnya, salah satunya dibaca sama orang² dengan kisah yg sama atau yg memang tertarik untuk membacanya.

    Semangat teyus teh Eka!

    BalasHapus
  35. Wah udah lama ya mbak menjadi blogger dari tahun 2012, saya baru fokus ngeblog dari tahun 2019, alhamdulillah sangat menikmati menjadi blogger

    BalasHapus
  36. Saya sering banget cari info di internet dan sering nyangkut ke halaman blog pribadi seseorang... Banyak manfaatnya berbagi informasi lewat blog. Jadi semangat pengen mulai sharing di blog lagi nih.

    BalasHapus
  37. Aku juga terbantu banget sama indihome ... buat kerja dan streaming hiburan juga ... karna ya sinyalnya kenceng dan jarang ada gangguan juga ya

    BalasHapus
  38. True banget kalau konten blogger itu banyak yang bermanfaat. Rasanya seneng juga kalau tulisan kita bermanfaat, sampai dihubungi orang juga hehe

    BalasHapus

Posting Komentar