Kembali ke Masa Lalu? Intip 5 Gaya Interior Ala Victorian Era 90-an

5 Gaya Interior Ala Victorian Era 90-an
Sumber Gambar https://unsplash.com/photos/1LGiB1BDz5M



Sedang mencari desain rumah mewah bergaya klasik? Gaya interior ala Victorian bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Kini bahkan kamu bisa mewujudkan desain bergaya klasik ini dengan pinjaman kredit tanpa agunan, lho.

Namun sebelum itu, alangkah baiknya kamu menyimak artikel ini terlebih dahulu. Karena disini kami akan coba jelaskan apa itu interior Victorian era dan beberapa referensinya.

Penjelasan Tentang Apa Itu Interior Victorian Era


Pada dasarnya, Victorian era merupakan sebuah desain interior rumah yang mudah sekali dibedakan. Victorian era identik dengan desain bergaya Eropa pada tahun 1837 hingga 1907.

Sesuai namanya, interior ini populer pada masa pemerintahan Ratu Victoria. Berikut adalah ciri-cirinya.

  • Menggunakan jenis furniture yang berukuran besar namun tetap disesuaikan dengan luas rumah.
  • Menggunakan furniture yang terbuat dari bahan atau material kayu berkualitas. Contoh bahan kayu yang sering digunakan seperti mahoni, rosewood, ek dan sejenisnya.
  • Pemilihan jenis kursi dengan ukuran kaki-kaki yang cenderung lebih pendek.
  • Penggunaan motif, seperti pada furniture cenderung beragam. Jenis motif yang biasa digunakan seperti polos, motif rumit hingga bernuansa natural.
  • Memilih tipe furniture yang kaya akan lekukan. Contohnya pada saat memilih jenis lemari, sofa, meja dan berbagai furniture yang lainnya.
  • Memilih warna-warna yang bernuansa glamor ala-ala Eropa. Contoh warna yang biasa digunakan seperti gold, cokelat, mahoni, merah anggur hingga kuning mustard.
  • Menggunakan material mewah seperti beludru, sulaman, hingga brokat.

5 Referensi Rumah Bergaya Victorian Era


Rumah Bergaya Victorian Era
sumber gambar https://unsplash.com/photos/92gDIK7yjfE


Sedang mencari-cari ide desain rumah bergaya Victorian era? Berikut ini kami punya beberapa referensi terbaik untuk kamu.

1. Dekorasi Ala Kerajaan Inggris

Hunian bergaya Victorian sangat identik dengan nuansa zaman kerajaan Inggris. Contohnya seperti mengaplikasikan karpet besar, gorden besar, tirai hingga wallpaper yang kental akan pola bangunan-bangunan kerajaan Inggris.

Pada bagian exterior, atau fasad rumah, Victorian era ini biasanya memiliki sebuah cupola, atau atap rumah khas kerajaan Inggris. Atap ini umumnya menyembul seperti atap masjid yang menyerupai menara.

Meski begitu, kamu tidak harus membuat cupola dengan tembok atau beton. Kamu juga bisa menggunakan kayu untuk membuatnya.

2. Memiliki Bentuk yang Megah

Kemewahan adalah ciri khas dari rumah bergaya kerajaan Inggris ini. Cita rasa mewah dan elegan biasanya ditunjukkan mulai dari konsep hunian yang besar hingga bertingkat. Selain itu memiliki tempat parkir mobil yang tergolong luas.

Kemegahan pun biasanya bisa kamu lihat juga di bagian dalam rumah. Atap yang tinggi dan ruangan yang luas menjadi karakteristik dari desain rumah yang satu ini.

Kemewahaan dan kemegahannya sendiri bisa kamu sesuaikan dengan luas tanah maupun bangunan. Jika lahan tidak mencukupi, kamu bisa memfokuskan bentuk megah hunianmu di bagian interior maupun exterior.

3. Mengaplikasikan Warna yang Cerah

Keistimewaan rumah bergaya Victorian era juga bisa kamu lihat dari warnanya. Umumnya desain rumah ini hanya memiliki satu warna saja, yaitu antara krem atau putih.

Artinya, jika kamu memilih satu warna putih, maka seluruh ruangan harus mengaplikasikan warna serupa. Selain putih dan krem, beberapa warna lain seperti mustard, kuning dan orange juga banyak dipilih.

Ada beberapa rekomendasi pemilihan warna yang bisa kamu coba aplikasikan. Kita ambil contoh seperti Museum di Liverpool dan juga Vitoria Gallery. Bangunan tersebut memiliki warna klasik yang megah khas kerajaan Inggris.

4. Furniture Kental akan Nuansa Klasik dan Mewah

Peralatan rumah yang kamu gunakan juga menentukan karakteristik dari desain Victorian era. Contohnya dalam hal pemilihan furniture yang mengharuskanmu untuk memilih tipe-tipe mewah dan nuansa kental ala rumah-rumah bergaya Victorian.

Selain memperhatikan kualitasnya, kamu juga harus memperhatikan aspek kemewahan dan juga keindahannya, kemudian menyesuaikan dengan konsep desain Victorian.

Furniture yang kamu gunakan harus memiliki ornamen yang khas zaman kerajaan Inggris pada abad pertengahan. Untuk mengoptimalkannya, kamu bisa memadukannya dengan lampu hias khas kerajaan.

Gunakan chandelier dan juga gorden besar dengan warna emas untuk yang ingin mempertegas kesan mewah dan megah. Dua elemen ini juga bisa menegaskan kesan mewah ala kerajaan Inggris pada zaman dulu.

5. Desain Rumah ala Carson Mansion

Bagi yang sedang mencari-cari model rumah untuk kamu jadikan sebagai referensi, kamu bisa cek di Google dengan kata kunci “Carson Mansion”. Model rumah tersebut sangat kental sekali dengan kerajaan Inggris di abad pertengahan.

Carson Mansion merupakan sebuah rumah yang sudah berdiri dari tahun 1886 yang dibangun oleh arsitek bernama Catcher Newsom. Rumah pemilik pengusaha ternama asal Amerika ini memiliki desain yang begitu menawan.

Jika Carson Mansion ini dirasa terlalu mewah, kamu bisa menyederhanakannya untuk disesuaikan dengan budget. Silahkan cari arsitek berpengalaman untuk mengkonsultasikan desain seperti apa yang kamu inginkan.

Renovasi Rumah dengan Kredit Tanpa Agunan digibank KTA


Ingin memiliki rumah mewah dan elegan bergaya Victorian era? Kini kamu bisa mewujudkannya dengan menggunakan digibank KTA. DBS Indonesia berkomitmen menghadirkan digibank sebagai digital banking terbaik. Produk KTA dari digibank by DBS ini menawarkan produk pinjaman hingga puluhan juta rupiah.

Proses pengajuan tanpa ribet karena online 24 jam, proses approval cepat hanya dalam waktu 60 detik, dana langsung cair hingga Rp80.000.000, bebas mengatur jumlah pinjaman, cicilan hingga 36 bulan, tidak memerlukan dokumen fisik dan persyaratannya pun mudah.

Persyaratan yang perlu kamu siapkan yaitu berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya atau Semarang. Siapkan juga e-KTP, NPWP, penghasilan minimum Rp5.000.000 dan memiliki kredit di bank lain dengan limit minimum Rp10.000.000.

Untuk proses atau langkah pengajuan pinjaman kredit online ini bisa langsung mengunjungi situs https://www.dbs.id/digibank/id/id/pinjaman/produk-pinjaman/digibank-kta-instan.

Yuk, wujudkan hunian nyaman bergaya Victorian era dengan mengajukan pinjaman kredit tanpa agunan di digibank by DBS!

4 komentar:

  1. Aku sih sukaaaaa banget design rumah seperti ini, Krn udah kliatan mewah banget 😄. Kemarin itu staycation di Jogja, dan hotelnya memakai konsep begini.

    Tapi rasanya kalo utk rumah sendiri ga terlalu mau mba , ribeeeeeet maintenancenyaaa 🤣🤣🤣.. kecuali duit tidak berseri yaaa hahahahhaa. Jadi aku lebih suka ngerasain konsep begini di hotel ajalah, 😄

    BalasHapus
  2. Bagus banget kak desain interiornya. Bakalan seru dan klasik kalau ruang tamu dimodel seperti itu

    BalasHapus
  3. aku paling suka kalo ke restoran konsepnya ala Kerajaan :D keliatan megah dan elegan

    BalasHapus
  4. seneng ngeliat interior rumah yang seperti ini, terlihat mewah, apalagi kalau permainan warnanya pas banget, misal kayak gold gitu, kesan mewahnya makin cetar

    BalasHapus