Membuat Sugar Waxing

18 komentar
cara membuat sugar waxing







Cara Membuat Sugar Waxing Bulu Di Rumah. Halo para Moms yang super kece, apa kabar hari ini? bahagia?? semoga ya. Biar bahagianya bertambah, yuk Me Time bareng saya dengan melakukan waxing bulu di rumah dan membuat sugar Waxing bulu sendiri alias DIY. Cara membuatnya mudah kok, bahkan kurang dari 30 menit. Bisa dibuat sambil membersamai anak PJJ atau bermain. Asal jangan meleng aja ya, hehe. Sebelum lanjut, yuk bahas dulu definisi Waxing.

Definisi Waxing


Sebetulnya waxing itu apa sih? oke, jika dilihat dari segi bahasa wax itu lilin. Tetapi waxing memiliki definisi yang berbeda.

Waxing adalah cara menghilangkan rambut semi permanen dari akarnya menggunakan bahan wax atau cairan lilin. Bukan lilin dalam artian yang sebenarnya ya Moms, tapi cairan lilin yang bentuknya serupa gel yang nanti akan saya share bagaimana cara membuatnya.

Lantas, perlukan kita melakukan proses waxing ini? dan bagian tubuh mana saja yang memerlukan waxing bulu?

Manfaat Waxing


Sejujurnya saya hanya melakukan waxing sesekali jika diperlukan, itupun hanya di bagian yang memang memilki bulu yang cukup lebat yaitu ketiak. Tetapi lain cerita dengan Moms yang memilki bulu yang cukup lebat di bagian lengan, kaki, alis, wajah dan punggung. Waxing bulu menjadi salah satu solusi menghilangkan bulu - bulu tersebut.

Perlukah melakukan Waxing? tentu saja. Berdasarkan pengalaman salah satu teman saya yang kebetulan memiliki bulu yang cukup lebat, tumbuhnya bulu yang cukup lebat terutama dibagian kaki dan lengan cukup mengganggu penampilan. 
Waxing bulu menjadi cara atau metode yang cukup ampuh menghilangkan bulu untuk sementara waktu hingga sekitar tiga bulan lamanya. Hal ini tentu lebih efisien dan efektif jika dibandingkan shaving atau cukuran yang membuat bulu tumbuh dengan cepat.

Sebetulnya jika Moms sibuk dan agak malas membuat cairan waxing bulu dirumah, ada berbagai produk waxing bulu yang dijual di toko-toko kecantikan. Seperti :
  1. Beeswax yang merupakan perpaduan dari lilin lebah dan parafin
  2. Pre-coated wax strips , yang bisa Moms gunakan untuk bagian tubuh seperti alis dan bibir
  3. Sugar wax , nah ini dia cairan waxing bulu yang akan saya share bagaimana cara membuatnya.

Mengapa Harus Sugar wax?


Menurut informasi yang saya peroleh dari Wikipedia, sugar wax atau biasa disebut juga waxing Persia, merupakan cara menghilangkan bulu yang sudah digunakan sejak 1900 SM yang kala itu gula merupakan produk langka sehingga menggunakan madu sebagai penggantinya. Saat ini, bahan untuk membuat waxing bulu alami sudah dimodifikasi, yaitu menggunakan tambahan gula dan air lemon.
Berdasarkan informasi ini, tentu kita bisa melihat ya Moms kalau Sugar wax ini lebih aman karena mengandung bahan alami tanpa lilin. Dan, jika kita waxing bulu menggunakan sugar wax maka rasa sakit saat melakukan wax jauh berkurang jika dibandingkan menggunakan waxing konvensional. Selain itu, karena menggunakan bahan dan alat yang ada di rumah kita , tentu jauh lebih hemat. Hal yang sangat jadi perhatian para Moms bukan? hehe
Nah, bagi para Moms yang juga memilki permasalahan yang sama dengan teman saya, berikut saya share bagaimana cara membuat sugar waxing sendiri dirumah.

Cara Membuat Sugar Waxing Bulu Di Rumah


Bahan :

250 gram Gula Pasir ( 1 ½ gelas belimbing )
250 ml madu ( 1 gelas belimbing ) madu yang digunakan usahakan madu murni ya Moms
125 ml air lemon ( ½ gelas belimbing )
2 sdm air putih

Cara Membuat :

  1. Siapkan panci lalu masukan 2 sdm air putih dan gula pasir
  2. Aduk terus hingga cairan gula menjadi berbentuk seperti karamel
  3. Masukan madu dan air lemon
  4. Terus aduk hingga cairan berbentuk kental hampir mirip dengan kentalnya kecap
  5. Angkat dan pindahkan ke botol bekas selain kacang atau wadah anti panas seperti microwave bowl
cara membuat sugar waxing sendiri



Wah, mudah sekali membuatnya bukan? ini sih bisa para Moms buat sambil joget lagu blackpink ya, hehe. Oke, selanjutnya saya mau share juga bagaimana cara menggunakan sugar waxing bulu ini, yuk lanjut.

Cara Menggunakan Sugar waxing Bulu DIY

  1. Siapkan kain katun atau linen bekas, hal ini tentu lebih hemat ya
  2. Taburkan bedak bayi atau tepung kanji di area tubuh yang akan di wax . Hal ini dilakukan agar nantinya sugar waxing bulu menempel pada bulu bukan pada kulit. Hal ini akan mengurangi rasa sakit saat melakukan waxing bulu
  3. Oleskan Sugar waxing bulu yang sudah agak dingin atau hangat kuku pada bagian tubuh tadi secara merata
  4. Letakan kain katun atau linen bekas di atasnya dan tekan hingga wax menempel sepenuhnya
  5. Lalu tarik dari bawah kain ke atas secara cepat
  6. Simpan sisa sugar waxing bulu di dalam kulkas agar tahan lebih lama

Kesimpulan


Wow, mudah sekali ya proses membuat dan melakukan waxing dengan sugar waxing. Kalau mudah begini, me time para Moms akan jauh lebih efisien dan efektif tanpa harus keluar rumah. Terlebih di masa pandemi begini yang saya yakin Moms pasti masih merasa riskan jika harus Me Time di salon atau spa.

Jangan lupa ya Moms, setelah melakukan waxing terutama di bagian ketiak yang menghitam gunakan rollon yang bisa menghilangkan noda hitam pada ketiak. Saya sih biasanya menggunakan Rexona Motion Sense Advance Whitening. Wanginya harum dan bikin mood enak juga terasa segar dan tentu saja ketiak tidak lagi terdapat noda hitam secara perlahan. 

Jika Moms ingin berolahraga terutama joging, lakukan setelah  24  jam setelah waxing ya. Setelah itu Moms bisa banget joging dengan mengikuti petunjuk cara jogging yang benar.  

Demikian share saya kali ini mengenai cara membuat sugar waxing bulu dirumah, semoga bermanfaat ya Moms dan selamat ber Me Time ria.
Eka FL
Mom bloger yang hobi menggambar dan bikin kue kering. Pecinta kucing dan tanaman, suka banget mie ramen dan bakso yang ngakunya post rocker tapi playlist KPop semua.

Related Posts

18 komentar

  1. Wahh pas bangett nii ada cara buatnya juga.
    Selama ini aku punya beli dan rasanya tetap perih juga wlpn sudah ditabur..
    Wajib dicoba tips dari mba nya nihh..
    Makasihh sharingnya :)

    BalasHapus
  2. wah aku ga pernah waxing-waxing nih mbak. Tips nya oke juga, mudah alat bahannya. ternyata bisa yaa bikin di rumah

    BalasHapus
  3. Waah bakalan dicoba ni buat saya, baru denger tentang waxing ini. Nice info 👌

    BalasHapus
  4. Aku team yang takut untuk waxing. Tapi pengen sebnernyaa biar bisa bersiiiih gitu. Mau cobain ah pakai cara ini. Thankyou kak eka

    BalasHapus
  5. Oh dikasih bedak ya.. biar gak sakit. Tapi kok kalo di klinik kecantikan gitu dikasih juga gak ya pada bilang sakit tuh pas ditarik

    BalasHapus
  6. Eih ternyata buat waxing bisa dibuat dari bahan bahan yang mudah banget didapat rupanya.

    Dan aku baru tahu kalau sebelum waxing, biar nggak sakit ya kulitnya dikasih bedak bayi dulu.

    BalasHapus
  7. Bahan bikin sugar waxing ada semua di rumah nih. Apa aku harus mencobanya? Wkwkwk penasaran. Tapi ngilu juga waxing gini tuh :')

    BalasHapus
  8. ih ternyata gampil pisan ya bikinnya. semua bahannya udah ada di rumah. Bukan tipe orang yang punya bulu banyak sih, tapi nanti bisa kukasih tahu nih sama temenku yg bulunya banyak, hihi. nuhun teh

    BalasHapus
  9. Aku belum pernah waxing sama sekali nih, pengen banget nyoba biar bener2 bersih kinclong gitu wkkw. Makasih resepnya mbak...

    BalasHapus
  10. Seumur-umur belum pernah waxing 😂 Katanya sakit ya Mba?

    BalasHapus
  11. nggak berani waxing kak, takut sakit wakakak
    tapi itu bahannya smeuanya di rumah ready lho heheheh
    seru ya.

    BalasHapus
  12. Baru tahu dan baru dengar lho.. seriusan. Ini buat cowok bisa ya hehehee... menarik apalagi bikinnya mudah karena bahan dapur yg ready di rumah...menarik sip

    BalasHapus
  13. Seumur-umur gak pernah waxing 😂 serem. Tapi lihat tulisan ini jadi tertarik juga.

    BalasHapus
  14. Yak, akhirnya menemukan solusi ampuh untuk si ketiak yang mirip hutan belantara mwkwkwk. Boleh coba deh kak Eka resepnya, thanks yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca komennya ka arai bikin pengen ketawa, wkwkwk

      Hapus
  15. saya nggak pernah waxing mba soalnya takut sakit hehehe tapi ternyata mduah juga bikinnya thanks for sharing ya mba eka

    BalasHapus
  16. bahannya mudah juga ya kak, wah bisa nyobain ah buat, buat dan bahannya cukup mudah, jadi penasaran dan lebih hemat dari pada beli

    BalasHapus
  17. wih seumur2 aku belum pernah waxing, apalagi bikin sendiri, keren nih mbakkk

    BalasHapus

Posting Komentar