Tips Memilih Oli Motor Matic yang Tepat Agar Mesin Awet

38 komentar
oli motor matic yang bagus
Cara memilih oli motor matic yang bagus


Sebagai pengguna motor matic, saya pernah mengalami motor terasa sangat berat saat dijalankan. Setelah saya cek di bengkel motor, ternyata motor matic saya hampir kehabisan oli. Saya pun heran, kok oli motor matic sudah habis? Padahal belum genap satu bulan suami saya mengunjungi bengkel dan mengganti oli motor matic.

Ternyata oli motor matic yang digunakan kualitasnya kurang bagus sehingga cepat habis. Agar motor matic tetap awet dan performa optimal, kita tidak boleh asal dalam memilih oli motor matic.

Mengapa? Karena cairan pelumas yang satu ini merupakan salah satu komponen penting untuk menjaga agar mesin motor tetap dingin, terasa halus saat digunakan dan mesin motor matic bersih.

Lantas bagaimana cara memilih oli motor matic yang tepat? Yuk baca selanjutnya.

Oli Motor Matic Adalah


Oli motor matic adalah pelumas yang digunakan untuk melumasi komponen mesin. Terdapat dua jenis oli motor matic, yaitu :

1. Oli Mesin

Oli mesin adalah pelumas yang digunakan untuk melumasi mesin dan komponen. Jenis oli mesin motor matic yang harus digunakan adalah oli mesin yang bersertifikat JASO MB yang khusus untuk digunakan motor matic. Oli mesin motor matic perlu diganti setiap 1.500 – 2.000 km atau setiap 2 bulan sekali.

Oli Transmisi / Gardan

Oli transmisi atau gardan adalah pelumas yang hanya digunakan untuk motor matik. Terdapat dua jenis oli transmisi yaitu base oil dan synthetic. Penggunaan jenis oli transmisi disesuaikan dengan tipe dan tahun pembuatan sepeda motor. Oli transmisi motor matic perlu diganti secara teratur dimana untuk penggunaan normal, diganti setiap 12 ribu kilometer atau setiap 12 bulan sekali.

Oli motor matic adalah
Definisi dan jenis oli motor matic


Apa Fungsi Oli Motor Matic?


Oli motor matic memiliki fungsi penting bagi kinerja dan performa mesin terutama agar mesin motor matic terasa mulus saat dijalankan dan mesin tidak cepat rusak. Berikut fungsi lainnya dari oli motor matic, yaitu :

1. Sebagai Pelumas Mesin


Ketika dijalankan, beberapa komponen di dalam motor matic akan bergesekan satu sama lain sehingga diperlukan pelumas yaitu oli sebagai pelapis permukaan komponen mesin untuk mencegah mesin aus akibat gesekan.

2. Menjaga Kestabilan Suhu Mesin Motor


Suhu mesin motor matic akan mengalami peningkatan dari gesekan dan proses pembakaran dalam mesin. Akibatnya mesin akan mengalami overheat. Oli motor berfungsi sebagai pendingin mesin agar mesin tidak cepat rusak akibat overheat.

3. Menjaga Mesin Tetap Bersih dan Anti Karat


Oli motor matic dapat memindahkan dan membawa kotoran yang dihasilkan dari gesekan komponen dalam mesin. Selain itu, penggunaan oli motor pada mesin dan komponen berbahan metal dapat menghindari terjadinya proses oksidasi penyebab karat.


Fungsi Oli Motor Matic
Fungsi Oli Motor Matic


Cara Memilih Oli Motor Matic Terbaik


Tips Memilih Oli Motor Matic
Tips Memilih Oli Motor Matic yang Tepat Agar Mesin Awet

Agar mesin motor matic tetap awet, prima dan berjalan optimal, berikut tips memilih oli motor terbaik, yaitu :

1. Pilihlah Merek Oli Motor Berkualitas


Kualitas oli motor matic sangat penting. Bagaimana cara memastikan kualitas oli motor matic? Anda dapat melihat kode sertifikat API (American Petroleum Institute), dan kode sertifikat JASO (Japanese Automotive Standard Association) yang tertera pada kemasan oli motor matic.

Kedua kode tersebut merupakan kode garansi kualitas oli dimana oli motor matic tersebut sudah telah melewati pengujian kelayakan sesuai dengan standar Amerika (untuk API) atau Jepang (untuk JASO).

harga oli MPX 2 di bengkel
Harga oli MPX 2 di bengkel terjangkau



Jangan terkecoh dengan harga oli motor yang murah karena akibatnya bisa fatal. Pastikan memilih brand oli motor matic yang sudah diakui seperti MPX 2 yang memiliki kode JASO MB dan harga oli MPX 2 di bengkel juga cukup terjangkau.

2. Perhatikan Kesesuaian Kekentalan Oli dengan Spesifikasi Pabrikan Motor Matic

Untuk mengetahui kekentalan oli motor matic yang akan digunakan, anda dapat melihat kode SAE (Society of Automotive Engineering) yang tertera pada kemasan.

3. Gunakan Oli Motor Matic Sesuai dengan Kapasitas Mesin


Kapasitas oli motor matic yang digunakan berbeda tergantung tergantung kapasitas mesin motor. Motor matic dengan kapasitas mesin 150cc menggunakan oli sebanyak membutuhkan oli dengan volume 800 ml dan kapasitas diatas 150 cc membutuhkan oli dengan volume 1000 ml.

4. Perhatikan Usia Motor Matic


Beda usia motor matic yang dimiliki maka oli yang digunakan pun berbeda. Berikut kode API yang tertera pada kemasan yang perlu diperhatikan pada kemasan oli berdasarkan usia motor matic, yaitu :
  • Untuk motor matic keluaran 2010 keatas, gunakan oli dengan kode API SN
  • untuk motor matic keluaran 2004-2010, gunakan oli dengan kode SM
  • Untuk motor keluaran 2001-2004, gunakan oli dengan kode SL

Cara memilih oli motor yang tepat
Cara memilih oli motor yang tepat

Kesimpulan


Memilih oli motor matic terbaik tidak sesulit yang dibayangkan. Beberapa tips diatas seperti memperhatikan kode API dan kode kualitas oli dapat menjadi pertimbangan saat memilih oli motor matic.

Rekomendasi oli motor matic terbaik adalah MPX2 yang merupakan salah satu jenis oli dari Honda yang sudah memiliki kode API yaitu API-SL kode sertifikat JASO:M8 dengan spesifikasi SAE 10W-30 dengan kekentalan tepat untuk motor matic.

Jadi, bagi anda pemilik motor matic keluaran tahun 20110 - 2004, sangat cocok menggunakan oli MPX 2 karena oli ini merupakan oli berkualitas yang mampu melindungi mesin motor matic dengan baik, hemat pemakaian bahan bakar, serta mampu menjaga performa mesin.
Eka FL
Mom bloger yang hobi menggambar dan bikin kue kering. Pecinta kucing dan tanaman, suka banget mie ramen dan bakso yang ngakunya post rocker tapi playlist KPop semua.

Related Posts

38 komentar

  1. Jaman motor matic gini harus lebih selektif pilih oli yang sesuai dengan jenis motornya ya mbak Eka

    BalasHapus
  2. Kayaknya MPX 2 ini memang sudah disesuaikan dengan motor matic terutama yang keluaran Honda ya mba? Soalnya biasanya kalau servis dan ganti oli, petugas di bengkel seringnya menyarankan MPX 2 ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penasaran juga nih, memang sebagus itu ya MPX 2. Sampai mekanik pun menyarankan memakai oli matic merek ini.

      Hapus
  3. Oli motor tuh perlu banget dan pemilik motor harus apik & merawat motor. Mosok ya, kemarin tukang di rumah cerita, motor dia mogok di Jatinangor, karena oli motor habis, trus mesinnya lengket. Jadi harus turun mesin...Duuuh...ceroboh banget siii....

    BalasHapus
  4. Selain oli, juga perlu waspada dgn kualitas bengkel yang ngisi oli. Kita perlu lihat langsung diisin oli merek apa, karena kadang ada loh bengkel yang suka diam2 ngasih produk yang gak berkualitas.

    BalasHapus
  5. Kualitas oli penting banget agar motor awet lama. Selain itu perlu juga memilih bengkel yg terpercaya karena teknisinya pun lebih mumpuni, produk gak abal2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, jangan sampai pilih oli yang imitasi, pilih yang ori biar motor awet, ya pakai oli MPX 2 ini.

      Hapus
  6. Motor saya yang satu juga matic, Mbak. Dan memang oli jadi bagian penting motor apa saja, termasuk matic. Makanya dianjurkan sekali memakai oli yang bermerk dengan kualitas bagus saja. Memang sedikit lebih mahal, tapi malah lebih awet dan tahan lama dipakai. Performa motor juga jadi bagus.

    BalasHapus
  7. Beneran oli itu penting banget utk sepeda motor, apalagi kalau digunakan untuk bekerja tiap hari. Setidaknya sebulan sekali oli diganti, kalau sering berkendara pake sepeda motor

    BalasHapus
  8. Penting banget ya memilih oli motor matic yang kualitasnya terjamin. Dengan liat kode sertifikat API dan JASO, jadi bisa lebih yakin deh buat pilih yang bener-bener bagus buat motor kita. Oli MPX 2 kayaknya oke nih, apalagi harganya juga terjangkau di bengkel. Mantap! ๐Ÿ‘๐Ÿผ๐Ÿ›ต

    BalasHapus
  9. Aku ga bisa mengendarai motor nih Teh Eka, jadi baru tahu kalau oli motor bebek ama motor matic beda jenisnya. Gak bisa sembarangan juga ya dan kudu beli oli matic yg berkualitas bagus.

    BalasHapus
  10. Aku baru tahu loh kalau oli motor matic ada khusus. Kirain sama aja semua oli mesin, baik buat mobil, motor, atau motor matic. Harus teliti nih biar engga salah beli...

    BalasHapus
  11. Oli cepat habis, biasanya ada yang nggak beres di salah satu komponen mesinnya atau ruang pembakarannya. BTW, saya malah ganti oli MPX 2 setiap bulan dan oli samping setiap 2 bulan sekali. Baru tau usia motor juga pengaruh dengan jenis oli yang digunakan. Terima kasih atas infonya. Artikel yang sangat keren ๐Ÿ‘ banget...

    BalasHapus
  12. Kalau oli yang digunakan tepat, jadinya mesin motor bisa terjaga kualitasnya.
    Jadi memang gak bisa sembarangan pakai, atau tetgiur misalnya karena harga murah tetapi gak cocok untuk motor ya

    BalasHapus
  13. Oli motor juga ternyata berbeda ya antara motor gigi dan motor matic.. jujur baru tahu sih karena udah lamaaa banget nggak servis motor (diservis sama suami terus motornya) hehe

    BalasHapus
  14. oli motor matic itu butuh perhatian khusus, sebab kalo salah pilih oli mesin jadi banyak masalah. sepertinya oli MPX2 cukup rekomendasi untuk motor matic soalnya udah standar API dan JASO

    BalasHapus
  15. Baru paham saya, ternyata beda tahun keluaran, beda juga jenis olinya ya... Punya motor memang harus tahu dan paham mengenai perawatannya.

    BalasHapus
  16. Ternyata oli motor gak bisa sembarangan juga ya, perlu diperhatikan biar gak salah nanti dan malah bikin motor tambah aus nanti

    BalasHapus
  17. Salah satu cara ngasih tau ke sesama cewek kalau motor itu penting banget ganti oli. Soalnya sering kalau lihat di medsos, motor cewek masuk bengkel pasti olinya kering. Padahal itu gak baik untuk performa motor

    BalasHapus
  18. Kadang gini sih ya para ciwi emang Sukanya make doang tapi ngga mau servis. Hahaha.
    Untung lah aku udah tobat dan lebih perhatian ama matic kesayangan yang nganterin ke mana-mana. Penting banget ceki oli motor matic biar tetep awet dengan performa optimal. Pokoknya jangan beli sembarangan.

    BalasHapus
  19. Jadi keingetan nih belom ganti oli, soalnya yg biasa dipake kosong terus, huhu.. Keknya mau bisik² doi deh biar ganti pake MBX 2 aja, xixixi..

    BalasHapus
  20. penting banget nih buat rajinn ganti oli. boleh juga nih oli yang satu ini. siapa tahu motorku bisa makin gas pooll

    BalasHapus
  21. Jgn kan cwek, aku aja yg cwok kmrn baru ngerti oli gardan dan oli mesin itu berbeda. Haha. Ya maklum dari dulu pegang motor 4tak. Skrg hrs pake motor matic yg hrs pake oli gardan.

    Ditanya ama tukang service. Mau ganti oli mesin atau oli gardan? Lha emg oli beda? Kan fungsinya sama aja bang? Eh ternyata fungsinya beda di motor matic. Aku yg tengsin sendiri deh jadinya. Haha.

    BalasHapus
  22. Memilih oli motor yang tepat itu penting ya
    Agar mesin motor selalu terawat dengan baik

    BalasHapus
  23. oli yang berkualitas dan perawatan yang rutin adalah kunci untuk menjaga performa motor Gunakan oli gardan (gear oil) yang sesuai dengan spesifikasi motor matic dan
    Hindari menggunakan oli bekas atau oli campur.

    BalasHapus
  24. Untungnya aku selalu diingatkan soal pentingnya ganti oli motor, jadi biar nggak cuma tinggal pakai doang tapi juga harus tahu perawatannya.

    BalasHapus
  25. Sama satu lagi sih klo berdasarkan pengalaman dan ajaran papa yang biasa di bengkel, mesti rutin ganti oli biar mesin awet, kak. Selain itu, menerapkan semua tips di artikel ini juga wajib.

    BalasHapus
  26. Kadang klo beli oli, manut-manut aja sama karyawan tokonya, karena kurang tau juga soal oli ini, kadang stock apa yang ada itu yang dikasih.

    BalasHapus
  27. Ternyata ada kode-kodenya ya dalam kemasan oli motor. Selama ini tidak pernah memperhatikan, hanya membeli oli gitu aja langsung bilang ke mas bengkelnya. Makasih lho mbak untuk referensi jenis oli yang berkualitas agar motor tetap terjaga kondisi mesinnya.

    BalasHapus
  28. memang sebaiknya motor matic tuh harus di service secara berkala ya, ya salah satunya untuk cek oli gini. cuma aku tuh suka lupa xD

    BalasHapus
  29. Selama ini kalau ganti oli gak pernah lihat mereknya, semua diserahkan ke si abang tukang bengkel. Ke depan mungkin saya bisa request MPX 2.

    BalasHapus
  30. Motorku motor matix, jujurly aku gak paham jenis yang masuk kategori oli buat motor matix. Tiap service, pasrah aja ke bengkel langganan. Dan aku ingat beberapa kali bengkel rekom aku pakai MPX 2. Coba deh kalau kebengkel lagi aku pastikan pakai MPX2.

    BalasHapus
  31. Dulu kirain oli untuk motor matic sm kayak motor lainnya. Ternyata beda dan punya oli khusus ya... Jd harus milih oli yg berkualitas nih biar ttp awet.

    BalasHapus
  32. Aku gak bisa naik motor. Jadi pengen belajar naik motor biar pas beli motor matic nanti bisa langsung jalan. Artikel ini bantu aku pilihin motor matic yang bagus. Makasih kak

    BalasHapus
  33. Jenis motor matic dan usianya pun punya pengaruh yang besar terhadap pemilihan oli motor yaa.. Aku juga ngerasa gak nyaman kalau naik kendaraan tapi tarikannya berat. Serasa lelah di tangan. Itu uda sign banget kudu dibawa ke bengkel.

    BalasHapus
  34. Dulu aku Miranya oli itu ya cuma oli aja kasih jenis ternyata di motor matic aja ada dua jenis oli mesin Sama oli gardan dan fungsinya juga beda ya. Terus aku juga kalau mau beli oli emang memperhatikan merk dan disesuaikan sama CC motornya

    BalasHapus
  35. jadi nambah pengetahuan saya nih, Mba. Alhamdulillah saya udah punya motor, tapi karena belum begitu lancar bawanya, adik saya yang pakai. Pernah dia cerita kalo harus ganti gardan dan saya yang kurang paham ya bilang oke-oke saja.

    BalasHapus
  36. Kebetulan Saya gak punya motor matic, Alhamdulillah jadi nambah pengetahuan, ternyata ada kriteria memilih oli ya supaya motor matic awet

    BalasHapus

Posting Komentar