Tips Memilih Oli Motor Matic yang Tepat Agar Mesin Awet

6 komentar
Tips Memilih Oli Motor Matic
Tips Memilih Oli Motor Matic yang Tepat Agar Mesin Awet


Sebagai pengguna motor matic, saya pernah mengalami motor terasa sangat berat saat dijalankan. Setelah saya cek di bengkel motor, ternyata motor matic saya hampir kehabisan oli. Saya pun heran, kok oli motor matic sudah habis? Padahal belum genap satu bulan suami saya mengunjungi bengkel dan mengganti oli motor matic.

Ternyata oli motor matic yang digunakan kualitasnya kurang bagus sehingga cepat habis. Agar motor matic tetap awet dan performa optimal, kita tidak boleh asal dalam memilih oli motor matic.

Mengapa? Karena cairan pelumas yang satu ini merupakan salah satu komponen penting untuk menjaga agar mesin motor tetap dingin, terasa halus saat digunakan dan mesin motor matic bersih.

Lantas bagaimana cara memilih oli motor matic yang tepat? Yuk baca selanjutnya.

Oli Motor Matic Adalah


Oli motor matic adalah pelumas yang digunakan untuk melumasi komponen mesin. Terdapat dua jenis oli motor matic, yaitu :

1. Oli Mesin

Oli mesin adalah pelumas yang digunakan untuk melumasi mesin dan komponen. Jenis oli mesin motor matic yang harus digunakan adalah oli mesin yang bersertifikat JASO MB yang khusus untuk digunakan motor matic. Oli mesin motor matic perlu diganti setiap 1.500 – 2.000 km atau setiap 2 bulan sekali.

Oli Transmisi / Gardan

Oli transmisi atau gardan adalah pelumas yang hanya digunakan untuk motor matik. Terdapat dua jenis oli transmisi yaitu base oil dan synthetic. Penggunaan jenis oli transmisi disesuaikan dengan tipe dan tahun pembuatan sepeda motor. Oli transmisi motor matic perlu diganti secara teratur dimana untuk penggunaan normal, diganti setiap 12 ribu kilometer atau setiap 12 bulan sekali.

Oli motor matic adalah
Definisi dan jenis oli motor matic


Apa Fungsi Oli Motor Matic?


Oli motor matic memiliki fungsi penting bagi kinerja dan performa mesin terutama agar mesin motor matic terasa mulus saat dijalankan dan mesin tidak cepat rusak. Berikut fungsi lainnya dari oli motor matic, yaitu :

1. Sebagai Pelumas Mesin


Ketika dijalankan, beberapa komponen di dalam motor matic akan bergesekan satu sama lain sehingga diperlukan pelumas yaitu oli sebagai pelapis permukaan komponen mesin untuk mencegah mesin aus akibat gesekan.

2. Menjaga Kestabilan Suhu Mesin Motor


Suhu mesin motor matic akan mengalami peningkatan dari gesekan dan proses pembakaran dalam mesin. Akibatnya mesin akan mengalami overheat. Oli motor berfungsi sebagai pendingin mesin agar mesin tidak cepat rusak akibat overheat.

3. Menjaga Mesin Tetap Bersih dan Anti Karat


Oli motor matic dapat memindahkan dan membawa kotoran yang dihasilkan dari gesekan komponen dalam mesin. Selain itu, penggunaan oli motor pada mesin dan komponen berbahan metal dapat menghindari terjadinya proses oksidasi penyebab karat.


Fungsi Oli Motor Matic
Fungsi Oli Motor Matic


Cara Memilih Oli Motor Matic Terbaik


Agar mesin motor matic tetap awet, prima dan berjalan optimal, berikut tips memilih oli motor terbaik, yaitu :

1. Pilihlah Merek Oli Motor Berkualitas


Kualitas oli motor matic sangat penting. Bagaimana cara memastikan kualitas oli motor matic? Anda dapat melihat kode sertifikat API (American Petroleum Institute), dan kode sertifikat JASO (Japanese Automotive Standard Association) yang tertera pada kemasan oli motor matic.

Kedua kode tersebut merupakan kode garansi kualitas oli dimana oli motor matic tersebut sudah telah melewati pengujian kelayakan sesuai dengan standar Amerika (untuk API) atau Jepang (untuk JASO).

harga oli MPX 2 di bengkel
Harga oli MPX 2 di bengkel terjangkau



Jangan terkecoh dengan harga oli motor yang murah karena akibatnya bisa fatal. Pastikan memilih brand oli motor matic yang sudah diakui seperti MPX 2 yang memiliki kode JASO MB dan harga oli MPX 2 di bengkel juga cukup terjangkau.

2. Perhatikan Kesesuaian Kekentalan Oli dengan Spesifikasi Pabrikan Motor Matic

Untuk mengetahui kekentalan oli motor matic yang akan digunakan, anda dapat melihat kode SAE (Society of Automotive Engineering) yang tertera pada kemasan.

3. Gunakan Oli Motor Matic Sesuai dengan Kapasitas Mesin


Kapasitas oli motor matic yang digunakan berbeda tergantung tergantung kapasitas mesin motor. Motor matic dengan kapasitas mesin 150cc menggunakan oli sebanyak membutuhkan oli dengan volume 800 ml dan kapasitas diatas 150 cc membutuhkan oli dengan volume 1000 ml.

4. Perhatikan Usia Motor Matic


Beda usia motor matic yang dimiliki maka oli yang digunakan pun berbeda. Berikut kode API yang tertera pada kemasan yang perlu diperhatikan pada kemasan oli berdasarkan usia motor matic, yaitu :
  • Untuk motor matic keluaran 2010 keatas, gunakan oli dengan kode API SN
  • untuk motor matic keluaran 2004-2010, gunakan oli dengan kode SM
  • Untuk motor keluaran 2001-2004, gunakan oli dengan kode SL

Cara memilih oli motor yang tepat
Cara memilih oli motor yang tepat

Kesimpulan


Memilih oli motor matic terbaik tidak sesulit yang dibayangkan. Beberapa tips diatas seperti memperhatikan kode API dan kode kualitas oli dapat menjadi pertimbangan saat memilih oli motor matic.

Rekomendasi oli motor matic terbaik adalah MPX2 yang merupakan salah satu jenis oli dari Honda yang sudah memiliki kode API yaitu API-SL kode sertifikat JASO:M8 dengan spesifikasi SAE 10W-30 dengan kekentalan tepat untuk motor matic.

Jadi, bagi anda pemilik motor matic keluaran tahun 20110 - 2004, sangat cocok menggunakan oli MPX 2 karena oli ini merupakan oli berkualitas yang mampu melindungi mesin motor matic dengan baik, hemat pemakaian bahan bakar, serta mampu menjaga performa mesin.
Eka FL
Mom bloger yang hobi menggambar dan bikin kue kering. Pecinta kucing dan tanaman, suka banget mie ramen dan bakso yang ngakunya post rocker tapi playlist KPop semua.

Related Posts

6 komentar

  1. Jaman motor matic gini harus lebih selektif pilih oli yang sesuai dengan jenis motornya ya mbak Eka

    BalasHapus
  2. Kayaknya MPX 2 ini memang sudah disesuaikan dengan motor matic terutama yang keluaran Honda ya mba? Soalnya biasanya kalau servis dan ganti oli, petugas di bengkel seringnya menyarankan MPX 2 ini

    BalasHapus
  3. Oli motor tuh perlu banget dan pemilik motor harus apik & merawat motor. Mosok ya, kemarin tukang di rumah cerita, motor dia mogok di Jatinangor, karena oli motor habis, trus mesinnya lengket. Jadi harus turun mesin...Duuuh...ceroboh banget siii....

    BalasHapus
  4. Selain oli, juga perlu waspada dgn kualitas bengkel yang ngisi oli. Kita perlu lihat langsung diisin oli merek apa, karena kadang ada loh bengkel yang suka diam2 ngasih produk yang gak berkualitas.

    BalasHapus
  5. Kualitas oli penting banget agar motor awet lama. Selain itu perlu juga memilih bengkel yg terpercaya karena teknisinya pun lebih mumpuni, produk gak abal2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, jangan sampai pilih oli yang imitasi, pilih yang ori biar motor awet, ya pakai oli MPX 2 ini.

      Hapus

Posting Komentar