Tips Membeli Rumah KPR Bagi Freelancer

14 komentar
Tips Membeli Rumah KPR Bagi Freelancer
 Tips Membeli Rumah KPR Bagi Freelancer

 

Siapa bilang freelancer gak bisa beli rumah KPR? Bisa kok! Baca selanjutnya untuk tahu lebih lanjut!


Memiliki rumah adalah impian setiap orang, termasuk bagi kamu yang berprofesi sebagai freelancer. Apalagi jika kamu juga sudah berkeluarga, tentu keinginan untuk memiliki rumah cukup besar ya.

Terlepas apapun pekerjaanmu, memiliki rumah merupakan investasi yang cukup menjanjikan mengingat nilai properti yang semakin naik dari tahun ke tahun, terlebih jika properti rumah yang kamu memiliki berada di lokasi strategis.

Kamu bisa memiliki rumah melalui sistem KPR, Loh emang bisa ya? Tentu saja bisa. 

Memang realitanya pekerja seni dan freelancer kerap mengalami kesulitan membeli rumah KPR mengingat syarat yang diajukan developer diantaranya adalah memiliki slip gaji dan penghasilan tetap.

Hal ini seringkali membuat freelancer enggan membeli rumah KPR, padahal kini freelancer bisa membeli rumah KPR melalui program khusus bagi pekerja seni dan kreatif dan profesi freelancer lainnya yang diterbitkan oleh beberapa bank selama  kamu bisa memenuhi syarat pengajuan dan pembayaran pihak bank. Agar freelancer bisa memiliki rumah KPR dengan cukup mudah, kamu bisa melakukan beberapa tips berikut ini. 


 Tips Membeli Rumah KPR Bagi  Freelancer


1. Mencari Informasi Bank Penyalur KPR Bagi Freelancer


Bank Penyalur KPR
 Bank Penyalur KPR


Hal ini cukup penting dilakukan mengingat tidak semua bank penyalur KPR menerima profesi freelancer sebagai kreditur KPR. Bank enggan menerima resiko kredit KPR macet dari profesi frelancer yang notabene tidak memiliki penghasilan tetap.

Namun beberapa bank penyalur KPR justru memiliki program khusus bagi pekerja informal seperti pekerja seni dan freelancer lainnya. Beberapa bank penyalur KPR yang menerima pembeli dan freelancer diantaranya adalah sebagai berikut : 

  • Bank BTN

Dikutip dari CNBC Indonesia melalui interview dengan Ari kurniawan, Sekretaris Perusahaan BTN menyatakan bahwa, freelancer bisa mendapatkan Fasilitas KPR BTN melalui program KPR BTN Rent To Own (RTO) atau konsep memiliki rumah disewa dulu cicil kemudian di akhir masa sewa.

Sebelum melakukan pengajuan, freelancer wajib memberikan beberapa syarat pengajuan KPR dan akan dilakukan proses seleksi  screening  oleh pihak RTO  provider. 

Bagaimana proses pengajuannya? Freelancer yang hendak  mengajukan program ini harus melakukan pemilihan rumah terlebih dahulu yang sudah terkualifikasi oleh RTO Provider, calon kreditur KPR membayar uang muka (DP) dan terakhir pihak RTO Provider dan calon kreditur KPR  melakukan perjanjian sewa.

Setelah  memasuki masa sewa, freelancer wajib melakukan pembayaran sewa bulanan dan memiliki tabungan uang muka sebesar 10% setelah itu calon kreditur KPR dapat mengajukan KPR BTN Rent To Own. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi CS BTN terdekat ya.

  • Bank CIMB Niaga

Pekerja seni dan  freelancer  juga memiliki kesempatan untuk mengajukan KPR dengan melengkapi dokumen sesuai dengan persyaratan Bank CIMB Niaga Dengan syarat wajib  memiliki dokumentasi keuangan yang baik terkait dengan profesi. 

Dikutip dari CNBC news, freelancer dan entrepreneur merupakan salah satu target market CIMB Niaga dan menerima pengajuan KPR dengan syarat calon kreditur KPR memiliki dokumentasi laporan keuangan, dokumentasi berbagai kontrak, bukti pembayaran, mutasi rekening, serta dokumen lain seperti pembayaran pajak sebagai bahan analisa keuangan.

  • Maybank Indonesia

Setali tiga uang dengan CIMB Niaga yang melihat potensi dari calon kreditur freelancer, Maybank Indonesia juga melihat perubahan pasar ini mengingat freelance mampu mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia juga termasuk di dalam segmen tersebut.


2.  Miliki Dokumentasi dan Catatan  keuangan lengkap


Dokumentasi dan catatan keuangan freelancer
Dokumentasi dan catatan keuangan freelancer



Sebagaimana disebutkan diatas bahwa beberapa bank penyalur KPR mengeluarkan syarat utama bagi kreditur KPR berupa dokumentasi lengkap keuangan. Bagi kamu yang berprofesi sebagai freelancer, kamu bisa mulai melakukan pencatatan dan dokumentasi keuangan lebih rapi, lengkap dan detail. 

Kamu bisa mulai melakukan pencatatan dan pengarsipanseperti data-data klien yang telah menggunakan jasamu, riwayat transaksi keuangan, transfer upah yang telah diterima dan riwayat tabungan sebagai bukti bahwa rasio pendapatan terhadap jumlah angsuran. Data - data tersebut dibutuhkan untuk mengetahui stabilitas keuangan freelancer sebagai pengganti slip kerja dalam syarat pengajuan KPR.

3. Pilih rumah sesuai budget


Pilih rumah sesuai budget
Pilih rumah sesuai budget

Dengan adanya dokumentasi dan catatan keuangan yang lengkap dan detail, kamu dapat mengukur kestabilan keuangan dan pendapatan sehingga kamu bisa memilih rumah yang sesuai dengan pendapatan dan budget yang kamu miliki.

Hal yang perlu diingat adalah, pilih rumah KPR yang benar-benar sesuai dengan pendapatan dan budget karena jika tidak, kamu akan mengalami kesulitan di kemudian hari terkait membayar angsuran atau cicilan KPR.


4. Coba simulasi cicilan dengan Mortgage Calculator


Simulasi cicilan rumah KPR dengan Mortgage Calculator
Simulasi cicilan rumah KPR dengan Mortgage Calculator


Dokumentasi keuangan yang lengkap sudah oke dan kamu sudah menentukan rumah KPR yang disesuaikan dengan budget, maka langkah selanjutnya adalah mencoba simulasikan cicilan di perbankan menggunakan Mortgage Calculator untuk mencari tahu  beban cicilan rumah KPR  yang disesuaikan dengan  kemampuan membayar cicilan rumah KPR.

Mortgage Calculator merupakan kalkulator hipotek yang dapat menghitung kualifikasi hipotek kamu berdasarkan pendapatan seperti gambar dibawah ini dengan cara input jumlah pendapatan dan lainnya. Satuannya memang mata uang europe ya, tapi kamu bisa konversi terlebih dahulu.


Mortgage calculator
Menghitung cicilan rumah KPR dengan Mortgage Calculator

Perhitungan cicilan rumah KPR berdasarkan pendapatan freelancer
Perhitungan cicilan rumah KPR berdasarkan pendapatan freelancer

Dengan Mortgage Calculator kamu bisa menghitung besaran cicilan rumah KPR disesuaikan dengan kemampuan pembayaran cicilan rumah KPR dengan input beberapa data di laman situs https://www.mortgagecalculator.uk/affordability/ dengan mudah.  Kelebihan Mortgage calculator lainnya adalah kamu bisa menghitung cicilan bulanan hingga tahunan. 

Dengan demikian, kamu bisa mengukur kemampuan dan mungkin bekerja lebih giat untuk memenuhi pembayaran cicilan rumah KPR hingga memperoleh penghasilan sesuai dengan besaran cicilan rumah KPR, bekerja pun semakin giat dan semangat bukan?


5. Miliki Tabungan Uang Muka Rumah KPR


Tabungan uang muka rumah KPR
Tabungan uang muka rumah KPR


Untuk meringankan besaran cicilan rumah KPR, kamu bisa mulai menyisihkan pendapatan pembayaran uang muka dengan kisaran  20-30 persen dari harga rumah KPR yang kamu pilih. 

Freelancer terkadang mendapat proyek dengan pendapatan cukup tinggi, alangkah lebih baik jika kamu bisa memanfaatkan perolehan dengan nominal besar tersebut untuk disisihkan sebagai tabungan uang muka rumah KPR terlebih lagi jika nominal tabungan melebihi 30% dari uang muka rumah KPR.  Pembayaran uang muka rumah KPR yang cukup besar akan meringankan jumlah beban cicilan rumah KPR berikutnya mengingat pendapatan freelancer memiliki masa kerja yang kurang produktif yang menyebabkan minimnya perolehan penghasilan. 


6. Kelola Keuangan dengan Baik dan Bijak


Mengelola keuangan freelancer
Mengelola keuangan freelancer


Satu hal yang wajib diingat bagi freelancer  yang ingin memiliki rumah KPR adalah pengelolaan keuangan dengan baik dan bijak. Seperti poin diatas yang disebutkan yaitu melakukan dokumentasi dan pencatatan keuangan, kamu juga wajib memiliki tabungan minimal untuk enam bulan ke depan.

Kamu bisa memiliki berbagai jenis pos tabungan seperti tabungan asuransi, tabungan iuran, tabungan tradisional dan tabungan  tanpa ATM. Intinya adalah kamu harus  disiplin dalam keuangan dan mengurangi kebiasaan konsumtif. 


Kesimpulan

Freelancer seperti kamu dan saya, bisa kok memiliki rumah impian melalui sistem rumah KPR. Kamu bisa coba melakukan poin - poin tips diatas untuk mempermudah pengajuan cicilan rumah KPR impianmu. Memang tidak mudah dilakukan namun jika kamu memiliki keinginan kuat untuk memiliki rumah KPR, saya yakin kamu bisa mewujudkannya. 


Freelancer beli rumah KPR
Tips bagi Freelancer beli rumah KPR

Apapun tujuan kamu memiliki rumah KPR baik sebagai hunian atau investasi, kamu bisa mencoba melakukan poin-poin tips diatas dan ingatlah untuk mengukur kemampuan pembayaran cicilan disesuaikan dengan pendapatan dan menghitungnya menggunakan Mortgage calculator sehingga kamu akan merasa aman dan bisa bekerja semakin semangat untuk mewujudkan memiliki rumah KPR idaman.


Eka FL
Mom bloger yang hobi menggambar dan bikin kue kering. Pecinta kucing dan tanaman, suka banget mie ramen dan bakso yang ngakunya post rocker tapi playlist KPop semua.

Related Posts

14 komentar

  1. Sekarang banyak program pemerintah untuk hunian murah, bisa dicicil sistem syariah, tapi tipe rumahnya mungil-mungil, kalau mau yg tipe yg lain kudu ekstra observasi karena sekarang udah.bnyk development yg beri banyak penawaran

    BalasHapus
  2. Kebanyakan di daerah, yang bisa lolos persyaratan untuk pegawai biasa termasuk freelancer hanya bisa dapat rumah petak yang mirip kios. Saking kecilnya. Tapi daripada tidak, coba juga jajal kemampuan keuangan kita ga ada salahnya ya

    BalasHapus
  3. Dulu itu, memang agak susah kalau freelence ingin mengambil KPR. Mungkin karena penghasilan tidak tetap. Bahkan saat saya ditanya pekerjaannya apa, dan saya jawab penulis, Mbak Bank kayaknya langsung hilang selera hahaha. Padahal saya datang hanya ingin memperbaharui buku tabungan.
    Tapi Alhamdulillah sudah terbuka kesempatan reelance untuk KPR. Seiring kesempatan freelance meraih rezeki semakin terbuka.

    BalasHapus
  4. Tak ada yang mustahil selama kita berikhtiar dengan maksimal, termasuk untuk memiliki rumah bagi freelancer. Dengan konsistensi dan disiplin menjalankan tips-tips seperti dari Teh Eka, akan membuka peluang kita lebih dekat untuk memiliki rumah

    BalasHapus
  5. Jujurly, aku masih susah buat ngatur keuangan nih, teh. Apalagi nabung untuk punya rumah. Etapi boleh lah ya kita itung-itung dulu pake kalkulator hipotek, biar ada gambaran tipis-tipis gitu, hehe..

    BalasHapus
  6. nah freelancer ternyata bisa kok ya memiliki rumah dengan menggunakan tips ini dan membuat perhitungan pakai mortgage calculator ini

    BalasHapus
  7. Peluang besar buat freelancer bisa memiliki hunian idaman. Tinggal ikuti prosedurnya, baca dengan teliti syarat dan T&C, lanjut deh dapat kunci ya kak.
    Yeay, jadi semangat nih daku

    BalasHapus
  8. Freelancer ternyata bisa juga nih KPR, btw tips dokumentasi freelancer masuk banget, belum terbayangkan sebelumnya dokumentasi sebagai oengganti slip gaji. Btw dengan Mortgage Calculator bisa makin mudah ya, Kak simulasi KPR

    BalasHapus
  9. Ternyata Makin mudah ya dengan adanya mortgage calculator ini untuk menghitung cicilan KPR sebagai freelancer

    BalasHapus
  10. Kebutuhan akan rumah itu menjadi kebutuhan penting, tapi beli cash susah kalau ada uang pengennya habisin aja nah solusinya memang KPR itung2 spt sewa.tapi kalau lunas jd hak milik. (Gusti yeni)

    BalasHapus
  11. Freelancer emg susah2 gampang sih dpt KPR. Solusinya ya bener ama kakak. Gedein uang muka serta jaga cashflow selama cicilan KPR. Bank2 di atas td emg pny program bgs kok utk KPR. Jd mereka akan membantu apabila kita pny dokumen kuat. Plus kredit scoring kita emg bgs.

    BalasHapus
  12. Waaa sekarang freelancer juga bisa ngajuin KPR ya kak. Aih senangnya. Ini tipsnya lengkap banget sampai ke bisa coba hitung perkiraan KPR nya pakai mortgagecalculator.

    BalasHapus
  13. Tips yang menarik ini, khususnya baru para freelancer yang juga ingin punya rumah KPR. Tentu gak asal kredit saja, perhitungan yang matang dan tepat juga sangat dibutuhkan.

    BalasHapus
  14. Biasanya freelancer ini terkendala dengan slip gaji ya..
    Tapi kalau rekening korannya miliki track record yang bagus dan lancar, pasti bisa banget memulai miliki rumah idaman.

    BalasHapus

Posting Komentar