Tips Persiapan Menghadapi Dunia Kerja dengan Kompetensi Global, Yang Wajib Kamu Tahu

47 komentar
Tips Persiapan Menghadapi Dunia Kerja dengan Kompetensi Global
Mahasiswa sedang KKN dalam rangka mengenal dunia kerja dan pengabdian masyarakat di MI Al Misbah, Bandung ( Dok. Pribadi)


Saya teringat ucapan Dosen saya, 
“ Kalian harus serius kuliah dan cari pengalaman berorganisasi. Karena dunia kuliah beda dengan dunia kerja. Apalagi persaingan semakin ketat. Kalian akan memasuki era globalisasi dengan persaingan kompetensi global loh!”
Meski sedikit meringis, saya tetap mendengarkan apa yang dikatakan oleh Dosen saya di akhir jam kuliah semester akhir. Wah! Kompetensi global! Seketika saya merasa gundah mengingat saya tak punya persiapan apapun ketika akan memasuki dunia kerja. Namun, meski dengan skill serba minimalis saya nekat melamar pekerjaan dan alhamdulillah saya diterima kerja di perusahaan bisnis.
Ternyata ucapan Dosen saya kala itu benar adanya bahwa industri sudah berjalan dalam persaingan global. Imbasnya, perusahaan bersaing tidak hanya dengan perusahaan lokal tapi juga mancanegara. Tuntutan terhadap kualitas tenaga kerja pun meningkat. Pegawai dituntut untuk memiliki kompetensi bekerja berwawasan global agar mampu mengembangkan karir.

kompetensi bekerja
Ilustrasi kompetensi bekerja ( ilustrasi dok. pribadi dibuat menggunakan Canva)

Era Globalisasi berdampak besar terhadap pertumbuhan IPTEK dan arus ekonomi yang terus berevolusi terutama pada sektor industri, ekonomi dan jasa. Hal ini menyebabkan tingginya daya saing SDM antar negara. 
Untuk itu, jangan tiru apa yang pernah saya alami waktu dulu ya, nol persiapan menghadapi dunia kerja. Meski demikian, pengalaman saya selama bekerja bertahun - tahun menjadi pengalaman berharga yang dapat saya bagikan kepada kamu yang sedang mempersiapkan diri memasuki dunia kerja berkompetensi global. 
Salah satu persiapan masuk dunia kerja adalah dengan memilih lembaga atau institusi pendidikan yang tepat setelah lulus SMA/SMK seperti memilih Sampoerna University
Selain memilih lembaga pendidikan dengan kurikulum internasional, hal apa saja yang harus kita siapkan agar dapat bersaing di dunia kerja dalam kompetensi global? berikut tipsnya.

Tips  Menyiapkan Diri dalam Menghadapi Dunia Kerja Di Era Globalisasi


Terkait pengertian kompetensi, UUD Kurikulum Pendidikan Tinggi 045/U/2002 menyatakan bahwa :
Kompetensi adalah seperangkat tindakan cerdas, penuh tanggung jawab yang dimiliki seseorang sebagai syarat untuk dianggap mampu oleh masyarakat dalam melaksanakan tugas melaksanakan tugas- tugas di bidang pekerjaan tertentu.
Sementara itu, National Education Association (NEA) 2010 menyatakan bahwa kompetensi global memiliki empat dimensi, yaitu :
  1. International awareness
  2. appreciation of cultural diversity
  3. proficiency in foreign languages
  4. Competitive skills
Dari pengertian kompetensi global diatas kita dapat menyimpulkan bahwa, kompetensi global merupakan keahlian dan keterampilan kompetensi bekerja yang harus dimiliki seseorang dalam dunia kerja di era globalisasi diantara skill, Knowledge, Attitude dan Value.

ilustrasi definisi globalisasi
iIustrasi definisi globalisasi ( Ilustrasi dok. pribadi dibuat menggunakan Canva)



ilustrasi kompetensi global
Ilustrasi definisi kompetensi global ( ilustrasi dok. pribadi dibuat menggunakan Canva)



Definisi kompetensi global menurut para ahli
Definisi kompetensi global menurut para ahli ( Infografis dok. pribadi dibuat menggunakan Canva)

Kompetensi bekerja berdasarkan dimensi kompetensi global
Dimensi kompetensi global ( Infografis dok. pribadi dibuat menggunakan Canva)


Dari definisi dan dimensi kompetensi global menurut para ahli serta pengalaman setelah bekerja bertahun - tahun saya dapat menyimpulkan 6 langkah persiapan menghadapi dunia keja dengan kompetensi global, yaitu :

1. Memilih Lembaga Pendidikan Internasional


Peduli terhadap pendidikan merupakan langkah yang tepat dalam menyiapkan diri menghadapi dunia kerja di era globalisasi. Karena pendidikan merupakan modal investasi seumur hidup untuk meraih kesuksesan baik dalam kehidupan maupun dunia kerja dan memilih lembaga pendidikan yang tepat menjadi jembatan menuju kesuksesan itu sendiri  
Salah satu lembaga pendidikan yang dapat menjadi jembatan kesuksesan dalam dunia kerja dengan kompetensi global adalah pendidikan internasional karena pendidikan internasional memiliki sistem pendidikan dengan kurikulum internasional yang mampu memberikan pengetahuan berwawasan global dan competitive skill  berdaya saing global kepada siswa.
Untuk itu kamu bisa memilih kuliah di Sampoerna University, karena Sampoerna University merupakan universitas dengan pendidikan internasional yang berdedikasi menyiapkan generasi muda agar sukses baik secara akademis maupun profesional di era globalisasi.
Sampoerna University memiliki program yang dikembangkan bersama dengan lembaga mitra dari Amerika Serikat yang terakreditasi oleh Southern Association of Colleges and Schools Commission on Colleges (SACSCOC) dengan kurikulum yang disusun bersama Broward College.
Sampoerna University juga memberikan kesempatan mendapat double degree yaitu Indonesia dan University of Arizona. Pilihan yang tepat untuk kuliah sebelum masuk dunia kerja dengan kompetensi global bukan?


Pendidikan Internasional di Sampoerna University
Ilustrasi Sampoerna University ( Ilustrasi Dok. Pribadi dibuat menggunakan Canva)


Fakultas di Sampoerna University dengan kurikulum internasional
Ingografis Fakultas di Sampoerna University ( infografis Dok. Pribadi dibuat menggunakan Canva)


Cara Daftar kuliah di Sampoerna University
Ingografis cara daftar kuliah di Sampoerna University ( infografis Dok. Pribadi dibuat menggunakan Canva)


2. Memilih jurusan Perkuliahan yang relevan dengan minat


Untuk kamu yang akan masuk kuliah, Jangan salah ambil jurusan perkuliahan! karena hal ini akan mempengaruhi masa depan karir dalam dunia kerja. Kita dapat memilih jurusan sesuai minat atau jurusan yang memiliki peluang kerja besar di masa depan.

3. Jangan Berhenti Belajar


Ini adalah kunci kesuksesan dan mempersiapkan diri dalam dunia kerja. Jangan berhenti belajar sebatas di bangku kuliah saja. Kamu yang masih SMA atau kuliah, ambil sebanyak - banyaknya kelas online, webinar atau pelatihan. Topik atau bidangnya apa? Apa saja yang menunjang skill kompetensi bekerja di era globalisasi. Mulai dari teknik wawancara, menulis CV, teknik berkomunikasi hingga literasi digital.

4. Melatih Keterampilan Literasi serta Linguistik


Kemampuan berbahasa internasional merupakan keterampilan yang wajib dimiliki untuk masuk dunia kerja dengan kompetensi global. Ambil kelas khusus bahasa asing terutama bahasa Inggris, Mandarin dan juga bahasa lainnya. Tingkatkan juga keterampilan literasi dengan rajin membaca dan atau mengikuti kelas kepenulisan. Pengetahuan terkait isu global juga hanya dapat kita raih dengan meningkatkan kadar literasi kita.

5. Aktif Berorganisasi


Jika kamu masih duduk di bangku SMA/SMK dan kuliah, jangan sia-siakan waktu “hanya” dengan hangout tanpa tujuan. Aktiflah berorganisasi atau berkomunikasi karena pengalaman berkomunitas akan membantu kita bekerja dengan banyak orang yang berbeda latar belakang di tempat kerja nanti.

6. Mencoba Pekerjaan Paruh Waktu atau Internship


Untuk mengenal dunia kerja seperti apa, ada baiknya kita mengambil pekerjaan paruh waktu atau internship (magang). Dengan demikian kita akan memiliki setidaknya pandangan seperti apa dunia kerja dan bagaimana kita dapat beradaptasi di dunia kerja.


ilustrasi Tips Persiapan Menghadapi Dunia Kerja dengan Kompetensi Global
Infografis Tips Persiapan Menghadapi Dunia Kerja dengan Kompetensi Global ( infografis dok pribadi dibuat menggunakan Canva)


Kesimpulan


Untuk mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja berkompetensi global, sangatlah penting menggali potensi dan keterampilan diri agar memiliki Skill, knowledge, attitude dan value berwawasan global. Caranya adalah dengan menerapkan tips di atas terutama  memilih lembaga pendidikan dengan kurikulum internasional.
Bagi kamu yang sedang memilih lembaga pendidikan jenjang universitas, kamu bisa mempertimbangkan Sampoerna University sebagai tempat menimba ilmu dan keterampilan.
Jadilah generasi penerus bangsa yang tetap bersahaja namun berwawasan global. Indonesia membutuhkan kita, kamu dan aku agar Indonesia mampu bersaing di pasar internasional.



quote generasi muda berdaya saing global
quote generasi muda berdaya saing global ( Dok. pribadi)


Referensi :
https://www.sampoernauniversity.ac.id/id/beranda/
http://sipma.ui.ac.id/files/dokumen/
https://www.nea.org/
Alghazo, Yazan. 2017. Inclusion of Global Competence in Higher Education: Perspective of Faculty in Saudi Arabia. Prince Mohammad Bin Fath University - July 7. www.pmu.edu.sa
Ramos, Gabriela dan Schleicher, Andreas. 2016. Global Competency for an Inclusive World. The Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD)
https://www.oecd.org/pisa/innovation/global-competence/

Eka FL
Mom bloger yang hobi menggambar dan bikin kue kering. Pecinta kucing dan tanaman, suka banget mie ramen dan bakso yang ngakunya post rocker tapi playlist KPop semua.

Related Posts

47 komentar

  1. Jadi, kurikulum internasional di sampoerna university ini juga mendukung kompetensi siswanya agar siap berkarir di mana pun, ya

    BalasHapus
  2. Persaingan di dunia kerja memang semakin terus meningkat. Makanya harus mempersiapkan diri sebaik mungkin. Dan bagus sekali ini di Sampoerna university sudah menerapkan kurikulum internasiol. Pasti nantinya mereka akan bisa bersaing, tidak hanya di dalam negeri, tapi juga saat bekerja di luar negeri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul nih, apalagi untuk anak-anak kita kelak ya, harus dipersiapkan dari sekarang biar gak ketinggalan jaman

      Hapus
  3. Bener sih ini aku pun juga pengennya anakku nanti sekolahnya kalo bisa yaaa yg bisa punya kompetensi global jadi dia lebih terbuka ntar pola pikirnyaa, dan juga lebih luas networkingnya

    BalasHapus
  4. Dunia makin lama memang akan saling terhubung terus, sehingga agar kita tetap bisa mengikuti arus dan nggak tergerus jaman memang perlu meningkatkan kompetensi diri melalui kurikulum internasional sih ya, Kak.

    BalasHapus
  5. Di era globalisasi gin, buat bertahan emang nggak bisa pinter akademik doang ya kak Eka. Penting buat kita untuk aktif berorganisasi, paham literasi juga. Btw, aku yakin Sampoerna University ini pasti pendidikannya berkualitas karena dari dulu kan Sampoerna konsisten punya akademi dan nawarin beasiswa buat mencerdaskan Indonesia

    (Arai)

    BalasHapus
  6. Kompetensi global saat ini memang bukanlah sebuah pilihan lagi, namun sudah menjadi keharusan yang harus dilakukan. Biar lulusan punya daya saing global dan bisa bersaing di dunia global.

    BalasHapus
  7. jaman sekarang tuh, kesempatan dan juga persaiangan emang udah terbuka banget ya, jadi mesti scale up skill banget nih... pendidikan internasional bisa jadi panutan dan referensi buat hadapi tantangan masa depan yaa

    BalasHapus
  8. Kudu punya bekal mantap dengan kuliah di kampus keren seperti Sampoerna University ya, sehingga bisa hadapi tantangan kedepan

    BalasHapus
  9. Betul di era gl9balisasi seperti itu harus membekali.diri dg kemampuan.dan siap bersaing
    (Gusti yeni)

    BalasHapus
  10. Sekarang ini era globalisasi semakin pesat
    Oleh karena itu, wajib banget punya kompetensi global agar tidak tertinggal

    BalasHapus
  11. Setuju banget dengan poin tentang berorganisasi selama menempuh dunia pendidikan. Pengalaman dalam berorganisasi akan menjadi salah satu gambaran dari miniatur dunia kerja nantinya, sehingga kita tidak akan terlalu kaget dan cepat beradaptasi dengan dunia kerja

    BalasHapus
  12. Infografis di artikel ini bantu banget nih untuk memahami persiapan apa saja yang perlu dilakukan untuk menghadapi dunia kerja

    BalasHapus
  13. Membantuk karakter yang tangguh zaman sekarang ini penuh tantangan banget ya..
    Dan semoga dengan terbiasa bersekolah dengan kurikulum internasional di Sampoerna University, maka semua kebutuhan perusahaan di dunia kerja bisa diminati.

    BalasHapus
  14. Keren banget ya mbak Sampoerna University ini. Soalnya kurikulum internasional dan bisa double degree dengan kampus luar negeri di Amerika ya. Tjakep banget nih persiapan buat menghadapi dunia kerjanya kalau kuliah di sana.

    BalasHapus
  15. Punya kompetensi global saat ini perlu banget untuk memenangkan persaingan di dunia digital yang sudah serba bebas ini yaa mba. Kita harus punya daya saing tinggi untuk bisa bersaing secara global

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, setuju banget nih Kak. Kompetensi global membuat kita memiliki daya saing yang tinggi ya untuk masuk ke dunia kerja yang lebih kompetitif

      Hapus
    2. Untungnya ada Sampoerna University yg bantu menjembatani semuanya yah Nat. Keren keren!!

      Hapus
  16. Persaingan di dunia kerja memang cukup ketat. Saran yang mengatakan supaya rajin belajar dan aktif berorganisasi untuk menghadapi persaingan di dunia kerja, juga sudah saya dengar sejak di bangku SMA dulu. Memang tidak mudah masuk dunia kerja terutama dengan kompetisi global seperti saat ini

    BalasHapus
  17. Bener.. berorganisasi itu setidaknya mengatur emosi dan mengenal karakter banyak orang..jadi penting pas kerja gak kagok kerja sama berbeda karskter

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju kak, itu juga yg saya tekankan ke anak yg masih SMA. ikut organisasi biar banyak mengenal karakter orang

      Hapus
  18. Inilah yg selalu kunasihatkan pada siswa-siswiku terutama putra putriku,bahwa dunia kerja semakin mengglobal maka harus mempersiapkan diri, jiwa dan mental agar tidak tergerus oleh globalisasi.

    BalasHapus
  19. Di Sampoerna Academy udah banyak fakultasnya ya. Kirain hanya fakultas bisnis. Ternyata ada juga education, art, dll.

    Jadi makin yakin kalau suatu saat anakku udah waktunya kuliah lalu daftar ke sana. Karena tempatnya bagus dan menjamin masa depan yg cerah.

    BalasHapus
  20. kuliah di lembaga pendidikan internasional berati nanti bisa kerja di luar negeri juga ya kak, kan udah dapat bekal kompetensi global

    BalasHapus
  21. Harus mulai menanamkan mindset persaingan kerja bakalan lebih ketat n anak muda kita perlu dibekali wawasan global

    BalasHapus
  22. Utamanya sih anak kita kudu cas-cis-cus juga in English yah. Kurikulum Internasional pastinya di Sampoerna University bahasa pengantarnya bahasa Inggris deh. Bagus tuh, jadi alumninya mau kerjasama global ga ada kendala bahasa lagi. Sip...keren...keren...

    BalasHapus
  23. Disaat kelas 9 ada baiknya sudah memikirkan untuk melanjutkan ke sekolah mana. Ada baiknya melanjutkan ke SMK dan memilih jurusan yang sesuai dengan keinginan. Terus dipertajam di universitas dan melanjutkan jurusan yang dipilih waktu SMK.

    BalasHapus
  24. Keren banget Sampoerna University, udah punya kurikulum internasional. Tentunya buat yang pengen jadi mahasiswa dengan tingkat kompetensi global bisa banget masuk ke universitas yang satu ini. BTW penjelasannya keren banget, saya jadi lebih mudah memahami tentang kurikulum internasional berkat infografis yang super ciamik, hihihi terima kasih Artjoka.

    BalasHapus
  25. Untuk bisa menghadapi persaingan global memang butuh persiapan diri agar tidak tertinggal dan mampu bersaing ya.

    BalasHapus
  26. Mantap ya sekarang, persaingan makin ketat :) anak-anak jaman now memang harus dibekali yang 'lebih' nih biar gak ketinggalan jaman

    BalasHapus
  27. Selain persiapan akademik, menyiapkan skill sejak SMP atau SMA itu penting ya, Mbak. Apalagi buat yang belum ngeh sama minat bakatnya, biar nggak salah jurusan kuliah karena ngikut aja. Sampoerna University bisa jadi pilihan untuk kuliah, kurikulumnya udah Internasional

    BalasHapus
  28. Betul banget, Mbak. Makin ke sini persaingan mendapatkan kerjaan makin ketat. Bukan dari teman senegara aja saingannya, tapi dari berbagai negara dan bangsa lainnya di dunia ini.

    Generasi bangsa saat ini kudu mempersiapkan diri nih.

    BalasHapus
  29. Di era pasar bebas seperti ini memang sudah sewajarnya jika menggunakan pembelajaran internasional yà mbak

    BalasHapus
  30. orang tua jaman sekarang punya PR banget nih yaa, mapping kebutuhan masa depan anak termasuk pendidikannya, biar ga salah pilih pendidikan buat survive di masa depan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget kak Wulan. Bahkan modelan yang belum nemu jodoh kayak aku aja kadang ikutan overthinking lho mikir pendidikan anak, hhha. Soalnya pendidikan itu nentuin banget masa depan.

      (Arai)

      Hapus
  31. wah sekarang memang pesaingan dunia kerja ketat kali, mbak. Nggak yang kerja secara freelancer maupun kerja di perusahaan. Semuanya harus punya skill istimewa, nggak hanya mengandalkan IPK ijazah saja.

    BalasHapus
  32. Kemampuan berbahasa ingris hal utama di dunia pekerjaan saat ini apalagi era globalisasi. Selain itu juga kemampuan lainnya ketika masih kuliah di harapkan mencari pengalaman sebanyak2nya untuk bekal di dunia kerja (gusti yeni)

    BalasHapus
  33. Alhamdulillah,
    Semakin cepat diterima kerja akan semakin menambah kepercayaan diri serta membuat portfolio dalam perjalanan hidup.

    Rasanya dengan base pendidikan yang mantap, semoga semakin terbuka kesempatan bekerja di perusahaan impian.

    BalasHapus
  34. Harus banget memang nih sudah mempersiapkan segala sesuatu dengan matang termasuk dalam hadapi dunia kerja. Kalo kuliahnya di kampus yang tepat dengan support system yang bagus pasti bisa makin semangat deh belajarnya. Keren nih kampusnya yang programnya bagus-bagus deh.

    BalasHapus
  35. sepakat dengan artikel ini. menghadapi dunia kerja yang serba digital dan global dibutuhkan skill dan kompetensi global pula. salah satunya dengan memilih pensisikan yang berwawasan global dan memberikan skill global juga

    BalasHapus
  36. Bun.. di Sampoerna univ. Ada konsultasi penjurusan tuk pekerjaannya kelak ga? Mungkin anak bingunh jurusan ini nnati cocoknya kerja dmn.. gtu

    BalasHapus
    Balasan
    1. InsyaAllah ada nih kayaknya yaa sekilas baca-baca websitenya juga kemarin

      Hapus
  37. Btw tes sesuai penempatan? Maksudnya gimana teh, untuk penentuan kelaskah maksudnya? Oh ya ilustrasinya keren banget 🥰

    BalasHapus
  38. sepakat, dunia sudah berubah begitu cepat dan saat ini globalisasi bukan hal yang aneh, termasuk dalam dunia pendidikan, karena salah satu tujuan pendidikan untuk terlibat dalam dunia kerja, wajar jika kompetensi global dibutuhkan untuk menghadapi dunia kerja yang sudah global

    BalasHapus
  39. setuju sekali nih kak Peduli terhadap pendidikan memang merupakan langkah yang sangat tepat dalam menyiapkan diri menghadapi dunia kerja di era globalisasi ini ya

    BalasHapus
  40. Persaingan kerja semakin hari semakin ketat ya, Jadi kualitas diri harus terbentuk dengan optimal. Salah satu jalannya adalah pembelajaran yang menggunakan kurikulum internasional seperti Sampoerna Univ ini.

    BalasHapus
  41. Kuliah dengan sistem international gini enak sih. Berhubung aku pernah ngerasain sendiri di Malaysia, Krn di sana kampusku afiliasi dengan Nottingham Trent university UK, jadi kurikulum yg dipake punya UK. Segala sesuatunya ya ngikutin std sana. Dan ijazahnya ntr juga dari Nottingham Trent.

    Kelebihannya yg paling jelas, udah pasti hemat biaya, Krn ga hrs ke LN.

    Nah makanya pas denger Sampoerna bikin sistem begitu, langsung keinget Ama sistem kampus di Malaysia yg kebanyakan ya begitu. Karena ga bisa dipungkiri kuliah di Amerika itu muahalnya ampun2an. Jadi kalo di sini nyediain kampus dengan kurirkulum di sana udah pasti lebih hemat jadinya

    BalasHapus

Posting Komentar