Buku Cerita Anak : Ide dari #Jurnalkilan






#jurnalkilan

Senin, 24 Agustus 2020
23.08 WIB



Pagi ini Kilan bangun dengan tangisan manjaaaaah khas toddler yang mau menuju usia 4 tahun. Guess what? merengek? TENTU saja! hihihi. Dan seperti biasa, do'i minta gendong. What??? iya, dia udah mau usia 4 tahun tapi masih pengen di eyong terus. Apalagi kalo lagi tantrum! Rupa - rupanya anxiety separation dia cukup hebat kalo di banding kakaknya. Yo wis lah, gpp. Toh Gak selamanya kan saya akan gendong dia terus?? hehehe (( menghibur diri ))

Setelah saya ajak dia belanja di warung Teh Neng, saya rayu dia agar turun dari gendongan dengan senjata andalan saya, SUSU KUDA dan Channel yutub-nya si Diwan! hahaha (^▿^)

Haahh! ibuh macam apa akuh inih yaaahh??? wkwkwkwk (>‿◠)✌

Yah, mau gimana lagi...Paksu lagi ke rumah sakit ngurus pendaftaran untuk Bapak mertua yang harus kontrol hari ini. Jadi, yutub adalah penyelamat saya pagi ini.

Lalu saya kembali ke Dapur yang hanya berjarak 2 meter dari ruang tamu. Mulai memasak Semur Ati ayam untuk anak - anak dan Sayur Tahu sabe ijo buat Paksu. Pas lagi asyiknya saya masak ditemenin lagu blekping, be te es, gidel dkk ..... e e e ehhh Kilan rewel dong minta pake celana yang dia pake kotor - kotoran kemarin, yaitu celana kakaknya. 

Hadeeuuuh, saya tepok jidat sembari ngelus dada mencoba sabar-sabarin diri sendiri. Soalnya, itu celana baru aja saya cuci kemarin sore dan masih menggantung di jemuran. Masih setengah basah!! Tapi dia terus merengek minta celana itu walau agak basah juga. 

Usut punya usut ternyata dia mau bermain jadi Parkour vs Joker, channel nya Thunderbird. Iya, dia suka banget sama video itu. Dia suka loncat - loncat kaya kijang kesana kemarin menirukan gaya para parkour di video itu! seneng sih saya, dengan begitu motorik kasar dia ke asah. Untuk yang satu ini, saya tidak khawatir lagi. Karena untuk anak se usia Kilan, dia tuh termasuk di bawah rata-rata untuk Berat badan. Badanya terlihat kurus seperti yang kurang gizi ( saya pernah dikatain gitu sama bidan di puskesmas, sebe deh ). Sempet khawatir Kilan stunting. Tapi, tinggi badan dia masuk kategori rata-rata dan dia aktif juga ceria. 

Mungkin, badan dia yang ramping menurun dari babahnya. Waktu kecil babahnya juga kecil dan ramping mirip Kilan.

Back to the story soal celana, Jadi dengan terpaksa saya setrika celana kakaknya itu basah - basah. Mau gimana lagi? yang penting dia seneng dan saya bisa masak lagi walau agak bete karena lagi hot masak tadi.

Pagi itu, Kilan sepenuhnya ceria setelah pake celana kakaknya dan loncat sana dan sini persis kutu loncat. ckckck...

Siang hari,
saya ajak Kilan nemenin kakaknya main layangan. Sementara dia sendiri berpetualang jadi Si Bolang, nongkrong depan Balong sambil lemparin batu dan ngumpulin "fosil" keong. Di temani si kiki, dia kumpulin cangkang keong satu per satu sambil di hitung. lalu tiba - tiba dia nyeletuk dong,





" Wah...cuaca cerah ya " ucap dia sambil senyum - senyum,

Sontak saya ketawa terbahak - bahak! Lucu banget denger dia ngomong begitu. lalu saya tanya, 

" Kilan tau dari mana kalimat itu? "
" Ituuu maah, si bebibas suka ngomong gitu " jawabnya sambil monyong - monyong,

Ya Ampuuun, beneran anak yutub ya! wkwkwkwk

Lalu sore hari tiba dan setelah saya selesai dengan urusan tikus yang kembali merajalela di rumah saya dan ibu mertua, saya mandi dan solat magrib. Kilan udah mandi duluan, begitu juga kakaknya. Lalu gak  lama ayahnya pulang dan kami family time seperti biasa. Ngapain aja? Yahhh you know-lah permainan anak laki-laki kaya gimana?....naik punggung ayahnya lalu gantian punggung saya sampai...duhhhh pundak sakit nih. Terus main gitar - gitar-an dan main adu jotos. 

Saya sebagai perempuan satu-satunya di rumah ini (selain ibu mertua) merasa sangat tertindas sodara-sodara. Kadang pengen gitu, family time nya tenang.....baca buku, nonton channel discovery atau kartun upin - ipin. Tapi itu hanya khayalan, karena baru baca buku sebentar......drama rebutan buku di mulai, lalu pindah ke drama rebutan nonton channel youtube....lalu pindah rebutan mainan .....eeeaaaaa.....bayangan family time pun buyar seketika! wkwkwkwk

Tetapi, malam ini saya terselamatkan! oleh panggilan ibu mertua. Serta merta saya menuju rumah Ibu mertua yang jaraknya? gak berjarak, karena rumah kami nempel! hahahaha (^▿^) selesai dengan percakapan ibu mertua, saya rebahan di kamar paksu waktu masih bujang yang sekarang jadi studio foto produk @bekasbagus__ 


Gak lama kemudian Kilan nyusul sambil teriak gordes alias gorowok desa ( teriak kencang ) manggil emaknya. Lalu masuk kamar dan liat saya rebahan kaya ikan paus, dia pun ikutan rebahan sambil memboyong bantal - guling - selimut miliknya sendiri.


Lalu, tiba-tiba dia cerita,

atau lebih tepatnya mendongeng tentang Serigala yang sangat takut dengan api unggun.  Terus dia cerita lagi soal dia yang udah besar sekarang dan bla bla bla....cerita tiada henti dengan api semangat berkobar sampai bikin saya ketawa terpingkal - pingkal.

Jadi, yang cerita sebelum tidur bukan saya tapi sebaliknya! hahahaha

Jadi terbesit sebuah ide brilian. Cerita kilan, mungkin akan saya jadikan cerita buku anak, karena memang cerita dia karangan dia sendiri. Saya bersyukur Kilan se-imajinatif itu. 

Tapi untuk membuat sebuah buku cerita anak, berproses kali ya. Ngumpulin dulu ilustrasi nya. Untungnya, cerita kilan tadi saya rekam pake hp. jadi saya akan ingat selalu cerita, suara dan gaya dia berbicara. 

Membuat buku cerita anak sebetulnya bukan hal baru buat saya. Sudah lama sekali saya ingin membuatnya. Tapi setiap memulai membuat cerita, selalu buntu dan kesulitan memulai. Bertanya pada Kang Iwok Abqary pun sudah saya lakukan.

Mungkin, saya masih membutuhkan semedi dan tekad serta  niat yang serius untuk  menggarap buku cerita anak ini. Mengapa harus buku cerita anak? karena saya suka menggambar dan awalnya sih ingin buku cerita anak ini saya wariskan buat anak-anak saya. hihihi... so sweet gak sih? 

Anak, terkadang memberi kita banyak inspirasi. Nampaknya, saya harus rajin bawa jaring biar ide nya gak kabur dan saya tampung. 

23 komentar:

  1. kerenlah, saya juga terinspirasi, tapi belum kesampaian juga mau bikin2 tulisan di kategori cerita nahla.

    Suka banget mancing-mancing anak untuk cerita atau memperhatikan kalo dia lagi cerita suatu hal ya teh. Suatu ketika pas di belanda, nahla cerita kalo di jatuh di sekolahan, dan saya kroscek ke gurunya ternyata benar. Dari situ, saya selalu terpancing untuk ngajar cerita, mereview cerita gt.

    Efek dari merespon cerita juga kerasa banget. anak jd merasa di perhatikan gt. Ini lg di main sama sepupunya di brebes yg kbnykn laki2 dan hobi bgt kan berantem. Dia suka diem aja, terus nanti saya pancing cerit, katanya dia nggak papa kan anak laki2 gitu. haha

    BalasHapus
  2. Postingan kali ini sebagai bukti kalau ide bisa datang dari mana saja ya, bahkan dari hal sederhana ketika anak bercerita. Semangat ya merealisasikan idenya, seruuu nih pasti di perjalanan mewujudkan buku ini.

    BalasHapus
  3. Idenya superrr brilian, mba Eka :D

    Apalagi Kilannya imajinatif dan mba Eka-nya jago gambar, well, perpaduan yang pas ~ hehehehehe. Jadi penasaran nanti bukunya seperti apa :3 ngomong-ngomong mba Eka masak sambil dengar lagu BlackPink? Semoga nggak auto goyang ya, mba hahahaha. Entah kenapa kalau saya selintas dengar lagu BlackPink bawaannya mau goyang *dibahas* :))

    BalasHapus
  4. Monmaap teh Eka, aku kira tadi hashtagnya jurnal-iklan loh, Ya Allah, haha..

    Kilan mirip bang Rasyiid nih, suka ngikutin apa yang dia tonton, dan itu juga yg dia suka. Dan ternyata Kilan masih suka ngerieweuhin mamak ya, haha..

    Ampun, keknya semua anak yutub tahu bebibas yak, wkwk..

    Kilan keren, mamaknya juga nggak kalah keren nih. Di tunggu buku cerita anaknya ya teh :*

    BalasHapus
  5. Kak, apa saat jadi ibu kita mendadak semangat belajar tentang parenting ya? Soalnya banyak istilah yang aku gak tau artinya haha

    BalasHapus
  6. Wah menarik sekali kak aksi si adek.. hehe semoga idenya segera terwujud ya kak untuk membuat buku anaknya ..

    BalasHapus
  7. Ayo mba semangat mencobs bikin buku cerita anak sendiri 😊 idenya dari hal-hal sederhana bersama anak. Hehe

    BalasHapus
  8. Saya pun sejak kecil didongengin sama emak. Ceritanya membekas hingga kini. Ad ayg cerita dongeng umum, ada jg yg emak karang, biasanya kl saya ada case, spt malas gosok gigi atau malas bantu ibu hehe
    Semangat kak, moga terwujud ya

    BalasHapus
  9. Gaskeun, Kak. Suka gambar dan ada materi cerita dari buah hati sendiri, feel-nya pasti dapat ini. Seru dan lucu bangets sih si Kilan. Ditunggu buku cerita anaknya yaa

    BalasHapus
  10. Berkunjung ke blog ini memang sudah terasa auranya kalo blogernya suka dengan dunia cerita anak. Inspiratif dan penuh warna. Keren, mbak. Hayuk direalisasikan.

    BalasHapus
  11. Ya ampuuuun kilan, tontonannya samaaa nih Ama anakku, YT nya Diwan Ama bebibas hahahahaha . Anak skr memng anak YouTube ya mba :D.

    Btw, aku gemeeesssh liat Kiki, duuh ekornya tebel bangettt, lucu ih :) ❤️. Dan jinak banget sepertinya Ama kilan ya mba.

    Ayoo coba dibikin buku dongen anaknya mba. Apalagi mba juga jago bikin ilustrasi , bisa sepaket Ama ceritanya :).

    BalasHapus
  12. yuk mba segera rilis.. moga sukses bisa jadi karya yang keren ya.
    Duh anak-anak memang bikin nano-nano ya mbak.. tapi kapan lagi kita menikmati masa ini. Anakku yg berusia udah 7 Tahun mulai ada jarak seperti mulai malu kalau mandi, mulai serba pengen sendiri, rasanya kangen masa-masa dia aku gendong, aku manjain.

    BalasHapus
  13. Keren banget. Saya pasti bakal nungguin nih buku Cerita Kilan. Aduh aku salfok sama si Kiki, kucingnya gemoooy

    BalasHapus
  14. Ayok kolab mbaaa ahahha tapi ak miskin referensi nih soalnya belum pernah nerbitin buku anak. Tapi kalo dimuat koran bebrapa kali pernah. Kemarin dimuat kompas

    BalasHapus
  15. Bukunya keren banget ini ya, ilustrasinya juga bagus dan mendukung sama ceritanya. Aku mau beli ah nanti buat ponakanku yang suka banget baca buku

    BalasHapus
  16. Anaknya kreatif. wkwkwk... anak saya juga suka cerita tentang apa saja. dan adaaa aja yang keluar dari mulutnya yang imut. sampai saya gak kepikiran. kok nemu ae nih bocah. hehe... emang terkadang justru dari merekalah kita menemukan sumber inspiratif buat cerita ya mom.

    BalasHapus
  17. Wah sungguh imajinatif ya. Kalo anak saya lebih ke gambar cerita. Trus saya suruh ceritain dan saya rekam.

    BalasHapus
  18. Ya Allah. Imajinatiif sekali anaknya. Lucu. Hehe.. klo anak saya mah suka kereta, pemadam kebakaran, dan sejenisnya Hehe..

    BalasHapus
  19. Ini hampir seperti saya. Seringnya dapat ide cerita anak dari melihat keseharian anak-anak. Tapi kalau saya gak pandai menggambar dan sering malas menuliskan, hehehe. Padahal kalau dibuat buku lucu juga, biasa buat kenang-kenangan.

    BalasHapus
  20. Wah Masyaallah, kreatif banget Kilan. Anak-anak emang penuh sama imajinasi ya mba. Semoga bisa jadi buku dongeng beneran nih kisah imajinasinya Kilan. Sukses dan sehat selalu untuk Kilan.

    BalasHapus
  21. Kilan keren, dia bisa kreatif gitu pastinya berkat dukungan kedua orangtua terutama ibu. Semoga Kilan gedenya bisa jadi orang sukses dan membanggakan

    BalasHapus
  22. Baca kisah Kilan yang umur 4 tahun masih minta gendong kalo lagi tantrum, jadi inget ponakan dirumah, cewek. Masih mimi di botol juga. Hehe dengerin kisah mereka eman seru ya, lebih seru malah daripada dengerin ghibah orang tua. Hehe

    BalasHapus