Moment Idul Adha Yang paling di Nanti anak-anak




Idul Adha sebentar lagi, Ada banyak cerita dan kehangatan dibalik moment spesial ini. Apalagi buat anak-anak. Misal Keenan, si sulung  yang dari jauh - jauh hari udah sering nanya kapan Idul Adha, sampai bikin emak pusing kepala jawabnya, 

" Mah, kapan sih itu idul adah teh ?? " hadeuuhh, udah nanya salah lagi nyebutnya! wkwkwkwk

" Idul adha kak, masih lama. emang kenapa?" tanya saya,

" Berapa lamanya itu sebanyak apa?? " tanya lagi sambil mulutnya monyong-monyong,

" Sekitar 2 minggu " jawab saya singkat, 

" 2 minggu itu sebanyak apa?" adeeuuhhhh kapan ini pertanyaan usai???

"Sekitar 14 hari! coba aja kakak hitung dari sekarang. tiap hari hitung 1 angka, besoknya hitung nomer dua dan terus sampai setiap hari udah kakak hitung sebanyak 14 kali " jawab saya panjang dan lebar selebar jidat milik pak suami, hihihi

" Males ah ngitungnya, mamah aja yang ngitung!" eh busyet nih anak! bikin emak berang ya! wkwkwkwk

" Emang kakak nunggu apa sih " tanya saya penasaran

" Nunggu BAKAR SATE!! hahaha " jawabnya sambil ketawa dan joged gaya penari mesir,

" Hadeuuhh, emang kamu kebagian gitu dagingnya " tanya saya lagi, 

" Iyaaa atuhhhhh " jawabnya pe-de

Lucu ya si kakak, segitu antusiasnya pengen cepet Idul Adha cuman pengen bakar sate yang padahal masih bisa kita kerjain di hari-hari biasa.Tapi bukan itu masalahnya, suasana itu yang berbeda.Betul tidak ibu-ibu???

keenan & kilan, Idul Adha Tahun lalu


Biasanya, tiap pagi anak-anak suka minta JJM alias jalan-jalan motor, jadi kita ber-empat kukurilingan  ( keliling )  naik motor, lihat pemandangan dan menghirup udara segar di atas motor sambil merasakan angin nu ngahiliwir ( berhembus). Rute biasanya sih dari rumah, terus ke atas sampai sekolah krida, terus belok turun ke bawah belok ke Cilengkrang sampai tembus ke alun-alun Ujungberung. Jajan gak? kadang-kadang sih jajan, biasanya mah beli gorengan sama surabi doang, hehehe

Seperti kemarin pagi,  mereka minta jalan jalan liat sapi dan domba! katanya karena udah idul adha jadi pasti kedua hewan ikonik Idul Adha itu pasti ada. Dan bener aja, begitu liat yang jual domba dan sapi, keenan dan kilan langsung serta merta tertawa kegirangan dan minta turun dari motor dan nongkrong depan sapi dan domba sambil ngomong sama para sapi itu seolah kaya yang kenal aja, 

 " halo sapi apa kabar? bentar lagi mau di pencit ( disembelih ) ya? yang kuat ya. ayo mamam rumput dulu "

Kan lucu jadinya, tapi malu juga  karena kita gak beli dombanya apalagi sapi, wkwkwkwk. Untung mamangnya ngerti. Makasih mamang.






Kami semua gak sabar memang menantikan Idul Adha yang sebentar lagi. Karena moment BAKAR SATE ini merupakan moment berkumpul keluarga dan berbagi kehangat, keceriaan dan cinta. 

Tapi inget, kita masih dalam masa pandemi lho. ada rules dan protokol yang harus diikuti selama  Penyelenggaraan Idul Adha Saat Pandemi berlangsung, untuk menjaga kesehatan bersama. 

salam bakar-bakar sate semua ya.

note :
Artikel ini diikut sertakan minggu tema komunitas Indonesian Content Creator 

22 komentar:

  1. Sapi, domba dan si kiki se-genk... hihi
    Shalat Idul Adha gimana di daerahmu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. satu geng warna badannya hitam-putih, hahaha. kayanya idul adha di sini dibuka kaya idul adha biasanya, tapi mungkin aku mah gak ikut, kalo kerumunan begitu aku mah masih menghindar. jaga jaga aja.

      Hapus
  2. haha iya iya yayaya.... sama kalo gitu sama adik di rumah, yang dinanti nanti bakar satenya. tapi memang udah jadi kayak tradisi tiap idul adha sih ya, "bakar2" bahasanya. entah apa yang dibakar hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. asal jangan bakar hatiku dengan api cemburu-mu ya, hehehehe

      Hapus
  3. momen idul adha gak terlalu banayk dibanding lebaran ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena beda momenntnya, mba. tapi seperi bedug keliling sambil takbir juga biasa suka ada pas idul adha, tapi anak-anakku gak suka. tapi denger takbirnya aja aku mah merinding, hiks

      Hapus
  4. Salam kunjungan dari Malaysia dan follow disini ya :)

    BTW, menarik blognya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam dari Indonesia, terimakasih kakak sudah berkunjung di blog saya, semoga artikel saya bermanfaat dan berkenenan di hati kakak. saya follow kakak juga ya

      Hapus
  5. H- sekian udah berembuk bakalan nyate di rumah siapa, siapa nyiapin apa, rencana sematang itu yg bikin semangat, haha..

    Selamat bersate juga teh Ekaaa!

    BalasHapus
    Balasan
    1. siapin tusuk sate, arang, kecap dan bumbu dari sekarang! hahaha

      Hapus
  6. Adeh adenya banyak tanya juga, tapi emang anak kecil hobi banget penasaran sih. Idul adha momen yang dirindukan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. anak kecil mah cerewet, semua ditanyain. tapi itu tanda keinginan tahu-an dia, hehe

      Hapus
  7. Lucu banget sihh mba anak anak. Wkwk aku bacanya juga sambil ekspresikan mukanya gimana hahaha.
    Saya yang ngga suka daging jadi pengen coba ikut bakar sate sama mereka

    BalasHapus
    Balasan
    1. wehehehe, ayuuuu ikut bakar disini mba, tapi virtual ya, hihihi

      Hapus
  8. lucu banget sih percakapan keenan sama ambunyaaa, wkwkkw. Kalo dulu aku waktu kecil ngasih makan kambing dan sapi yang mau di kurban di masjid al-mahallie, pas waktunya di sembelih, nangis dooong *mengenang masa kecil

    BalasHapus
    Balasan
    1. sedih ya di tinggal domba dan sapi yang udah dikasih makan, berasa jadi hewan peliharaan, hehehe

      Hapus
  9. Yang dirindukan anak-anakku adalah keliling lihat-lihat di tempat orang jual kambing dan sapi dan di masjid-masjid yang hewan kurbannya sudah siap di situ 😁😁. Tapi enggak berani dulu kalau tahun ini, deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tahun ini mah beda dengan tahun sebelumnya ya, kami juga kayanya tahan dulu keinginan solat ied, lebih baik prevent kan yaa

      Hapus
  10. Salfok liat ilustrasinya deh. Selalu suka sama gambarnya mba eka.
    Anak-anak memang paling seneng kalau udah idul adha gini. Kumpul-kumpul barengnya Selalu bikin happy.

    BalasHapus
  11. Hahah lucu ya anak-anak..bakal jadi kenangan indah yang selalu mereka ingat ☺️ selamat bakar sateee

    BalasHapus