Ikutan Photo Challenge Berhadiah Rasa Syukur dan Empati

 Photo Challenge


Ikutan Photo Challenge Berhadiah Rasa Syukur dan Empati - Judulnya menggoda tidak? hehehe. Menggoda dong, di jaman serba sibuk seperti sekarang kadang kita sering luput akan hal kecil yang membuat kita lupa bersyukur dan memunculkan rasa empati baik untuk diri sendiri maupun lingkungan sekitar kita. Nah lewat tantangan foto ini, yuk kita kembali melihat hal kecil tersebut dan ceritakan kisah di baliknya. Sebelum lanjut, yuk kita bahas dulu mengenai foto dan fotografi. 

Definisi Foto dan Fotografi


Foto, siapa yang gak suka foto? mengambil foto atau bahkan di foto? nampaknya semua orang suka ya?. Lantas apa sih foto itu sebetulnya?

Menurut wikipedia, Foto adalah gambar diam baik berwarna maupun hitam-putih yang dihasilkan oleh kamera yang merekam suatu objek atau kejadian atau keadaan pada suatu waktu tertentu.

Sementara Fotografi merupakan serapan dari bahasa Inggris photography, yang berasal dari kata Yunani yaitu "photos": cahaya dan "grafo" yang memiliki arti melukis/menulis. Fotografi adalah proses melukis/menulis dengan menggunakan media cahaya. Sebagai istilah umum, fotografi berarti proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu objek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai objek tersebut pada media yang peka cahaya. Alat paling populer untuk menangkap cahaya ini adalah kamera. 

Di jaman modern ini, siapapun bisa menjadi fotografer dan mengambil foto tidak hanya menggunakan alat fotografi yang canggih seperti kamera analog atau DSLR. Berkat kemajuan teknologi, handphone di masa sekarang banyak dilengkapi dengan fitur kamera yang bisa digunakan untuk mengambil foto dengan kualitas yang baik.

Hal ini tentu menjadi peluang bagi siapapun untuk belajar fotografi dan sekedar mengabadikan momen dengan kualitas foto terbaik. 

Tujuan Foto dan Fotografi


Jika melihat lebih dalam ke dunia fotografi, tujuan dari fotografi itu maknanya dalam dan filosofis. Fotografis sangat berkaitan erat dengan karakter personal kita, imajinasi dan kejelian kita dalam mengamati momen, cahaya, bentuk, warna dan unsur fotografi lainnya. 

Nampaknya fotografi ini sudah mirip dengan melukis atau menggambar ya, sama - sama mengambil momen atau peristiwa. Yang membedakan hanya media nya saja. Sama dengan menggambar, foto juga memilki manfaat. Apa saja sih? Berikut delapan manfaat dari foto, yaitu :

  1. Sebagai bukti sejarah 

  2. sebagai dokumentai

  3. Sebagai bukti otentik

  4. Sebagai kenang-kenangan

  5. Sebagai motivasi

  6. Sebagai sumber penghasilan

  7. Sebagai citra diri

  8. Sebagai sumber informasi


wah, banyak juga ya manfaat foto. Tetapi bagi kita orang awam yang belum banyak mengetahui ilmu fotografi, nampaknya tujuan mengambil foto yang utama adalah untuk mengabadikan momen atau kenang - kenangan dan citra diri ya. 

Nah, terkait mengabadikan momen ini, ada hal yang sangat filosofis. Sebagaimana kita tahu kalau sebuah foto dapat menangkap momen atau peristiwa, maka foto tersebut pasti memiliki cerita atau kisah yang dapat kita jadikan motivasi dan pencerahan .Terkadang lewat foto bisa mendapat inspirasi dan motivasi yang dapat membuat hidup kita lebih semangat dan penuh makna. 

Kadang, saking sibuknya kita dengan kegiatan sehari - hari baik sebagai ibu maupun personal kita sering melupakan hal - hal kecil yang membuat kita lupa untuk bersyukur dan memunculkan rasa empati terhadap diri sendiri dan lingkungan sekitar.

Memang, rasa bersyukur dan empati bisa kita dapatkan lewat perenungan tetapi sebuah foto bisa memunculkan rasa itu seketika. Nah, tujuan inilah yang kemudian menjadi landasan saya mengikuti salah satu tantangan yang akan dilaksanakan sebentar lagi lewat Tanos Photo Challenge. 

Tanos Photo Challenge


Secara pribadi, foto bagi saya memiliki banyak peranan penting. Setiap milestone anak - anak saya sudah pasti saya abadikan lewat foto. Ketika saya hamil dan melahirkan. Lalu ketika anak - anak pertama kali bisa tengkurap, berdiri, merangkak, duduk dan berjalan. Bahkan ketika ,mereka bisa loncat dan makan sendiri. Semua perkembangan anak - anak saya abadikan lewat foto. 

Kali ini saya ingin mengambil sebuah foto lewat Tanos Challenge Photo dengan tema rasa syukur dan empati selama tujuh hari. Jadi, setiap hari saya akan mengambil foto yang memiliki arti dan makna tersebut. 









Nah sekarang gak ada lagi alasan sok sibuk untuk berhenti sejenak dan memperhatikan hal kecil serta lebih banyak bersyukur.

Bagi teman - teman yang mau ikutan, walau sudah closed pendaftaran masih bisa ikutan kok. Silahkan berkunjung ke instagramnya @tanos.challenge dan ikuti petunjuk pendaftarannya di link bio. salam fotografi, eh salam Tanos. hehe


Tulisan ini di buat untuk Tanos Photo Challenge 
dan Tema "Sibuk" Minggu Komunitas Menulis 1 Minggu 1 Cerita

4 komentar:

  1. waahh, sudah ditutup ya pendaftarannya kemarin? Padahal saya juga suka jeprat jepret hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo ikutan aja Mbak Laela. Bisa ikut di sisa harinya, karena setiap hari ada pemilihan pemenang harian.

      Hapus
  2. pengen ikut loh aku, tapi aku selalu lupa untuk memikirkan "apa yang harus aku potret ya?" wkwk..

    semoga sempat untuk ikutan, ya teh :D

    BalasHapus
  3. Aku klewat mba, kapan ada lagi colek ya Mba eheheh
    mau ikutan biar produktif lagi.

    BalasHapus